Beri Perlindungan Maksimal pada Lansia

Bupati Jember dr Faida MMR saat mengikuti senam lansia di Festival Lansia, kemarin (18/8) di Alun-alun Jember. Total ada tiga ribu lansia ikut senam bersama tersebut.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Bupati Jember dr Faida MMR punya perhatian lebih terhadap para lanjut usia (lansia) Jember. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember telah mengeluarkan peraturan bupati untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi lansia berupa asuransi BPJS Kesehatan. “Seluruh lansia di Kabupaten Jember berhak atas asuransi kesehatan gratis dari Pemkab Jember,” terang bupati dalam acara Festival Lansia di Alun-Alun Jember, kemarin (18/8).

IKLAN

Kebijakan lain yang dikeluarkan bupati bagi para lansia yaitu pemberian beras setiap bulan. Pemberian beras ini untuk para lansia yang belum menerima program Rastra dari pemerintah pusat. “Bagi lansia yang ekonominya tidak mampu dan belum mendapatkan Rastram maka mendapat Rastra Daerah tanpa (uang) tebus setiap bulan,” terangnya.

Bupati juga menyatakan, tahun ini membuat Satgas Duafa untuk memastikan seluruh lansia di Kabupaten Jember mendapatkan layanan yang baik dan menerima hak-haknya. Perhatian Pemkab Jember terhadap lansia tak hanya itu. Ada juga program bedah rumah kepada para lansia yang menempati rumah tidak layak huni.

Bahkan, bagi lansia yang sebatang kara dan tidak mampu untuk memasak, Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan makanan melalui katering. “Dikirim tiga kali sehari untuk para lansia,” tuturnya.   

Perempuan yang bergelar dokter itu juga mengapresiasi orang yang tetap berkontribusi kepada para lansia. Pemkab Jember juga memberikan bantuan uang transportasi setiap bulannya bagi instruktur senam lansia. “Para instruktur itu adalah orang yang memiliki jiwa mulia. Mereka punya peran agar para lansia itu terus bergerak. Karena dengan bergerak tersebut, para lansia itu bugar,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Faida juga menegaskan penghargaan bagi Kabupaten Jember sebagai kabupaten yang ramah terhadap lansia. Menurut Faida, penghargaan itu diberikan karena pemerintah telah menyediakan taman publik dengan kegiatan untuk lansia. Demikian pula dengan fasilitas untuk lansia telah disediakan.

Dalam Festival Lansia tersebut, Bupati Jember juga memberikan penghargaan terhadap 16 lansia yang telah berkontribusi, mulai dari bidang budaya, kesenian, hingga mereka yang bertahun-tahun menjaga situs purbakala.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi