Persid Takluk 0-3 di Kandang PSSS Situbondo

Habibul Adnan/Jawa Pos Radar Situbondo LAGA PAMUNGKAS: Pada laga terakhirnya, Persid Jember harus ditekuk 0-3 dari tuan rumah PSSS Situbondo di Gelora M Saleh Situbondo, kemarin.

SITUBONDO – Persid gagal meraih kemenangan di laga terakhirnya. Bertandang ke markas PSSS Situbondo di Gelora M. Saleh Situbondo, tim Macan Raung justru ditekuk dengan skor telak, 0-3.

IKLAN

Padahal, saat bertemu di putaran pertama, Persid berhasil mengalahkan PSSS Situbondo dengan skor 2-1 di JSG Ajung. Persid juga dalam optimisme tinggi setelah pada laga sebelumnya berhasil mencukur Suryanaga Connection Surabaya dengan skor telak 8-0.

Sejatinya, dalam laga sore kemarin, Persid hanya butuh hasil imbang untuk tetap mempertahankan posisinya di peringkat dua dan lolos ke babak 16 besar dengan status runner up.

Pada laga yang berlangsung Rabu (18/07) sore tersebut, kedua tim bermain masih bermain imbang di babak pertama. Papan skor baru berubah setelah pemain pengganti, Cholil Rusman, berhasil mencetak gol pembuka kemenangan tuan rumah di menit ke-58. Cholil menggandakan keunggulan di menit ke-79. Sekitar 3 menit jelang berakhirnya waktu normal, Ricki Pratama berhasil memastikan kemenangan PSSS Situbondo atas Persid menjadi 3-0.

Dengan kemenangan tersebut, poin PSSS bertambah 3 poin menjadi 25 dari 9 kali laga. Padahal, PSSS masih menyisakan satu laga, yakni melawan Suryanaga Connection di Lapangan Jalakrida AAL Bumimoro, Surabaya pada 22 Juli 2018 mendatang.

Jika berhasil mengalahkan Suryanaga, PSSS nantinya akan menggeser kedudukan Persid Jember di peringkat dua dengan torehan 25 poin. Namun jika seri, PSSS tetap berada di peringkat ketiga. Sejauh ini, Suryanaga Connection menjadi tim terlemah di Grup G dengan tidak pernah meraih satu pun kemenangan dari seluruh laga.

Adapun peringkat pertama, tetap kukuh diduduki oleh tim asal Jember, Samudra Indonesia-Dharaka (Sindo Dharaka) dengan 26 poin. Sindo masih menyisakan satu laga terakhir, yakni melawan Persikapro Probolinggo pada 25 Juli 2018 mendatang di Probolinggo. Namun, dalam laga tersebut, Sindo hampir pasti akan menang WO dan meraih 3 poin, karena Persikapro sudah menyatakan mengundurkan diri dari Liga 3. “Kita besok (tanggal 25 Juli 2018, Red) tetap berangkat ke Probolinggo sesuai ketentuan,” tutur pelatih kepala Sindo Dharaka, Hendry Puji.

Jika pun PSSS Situbondo nantinya mampu menyodok Persid di peringkat dua, Persid masih berpeluang untuk lolos ke babak berikutnya. Mengacu pada regulasi yang ditetapkan Assprov Jawa Timur, babak 16 besar akan diisi oleh 14 tim yang menjadi juara dan runner up grup dari total 7 grup. Jumlah ini akan ditambah oleh 2 tim yang menduduki peringkat tiga terbaik.

Dari penelusuran Jawa Pos Radar Jember, sementara ini, Grup G menjadi grup dengan perolehan poin tertinggi untuk peringkat tiga. Dikutip dari situs PSSI Jawa Timur pada Rabu (18/07) sore kemarin, di Grup A peringkat ketiga sementara ini diduduki oleh Cahaya Muda Pamekasan dengan 15 poin dari 9 laga. Peringkat tiga berikutnya yakni PS Kota Pahlawan (Grup B, 17 poin, 10 laga); Blitar Poetra (Grup C, 17 poin, 8 laga); Probolinggo United (Grup D, 14 poin, 8 laga); Putra Sinar Giri (Grup E, 16 poin, 9 laga); dan Persikoba Batu (Grup F, 14 poin, 10 laga). (ad/c2/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :