Wisata Eksotis Sepi Pengunjung

ASRI: Panorama wisata di Desa Badean, Bangsalsari, menyuguhkan lanskap pegunungan nan alami. Namun, lokasi wisata itu masih sepi pengunjung.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Selain dikenal memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, Pegunungan Argopuro juga memiliki potensi wisata yang kerap menjadi jujukan pelancong. Potensi inilah yang coba dikembangkan oleh Pemerintah Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari. Hanya saja, meski sudah dibuka pasca-Lebaran kemarin, destinasi wisata alam itu masih sepi pengunjung.

IKLAN

Sebenarnya, meski berada di kaki gunung, Desa Badean merupakan salah satu desa pelosok yang mudah diakses. Bahkan, infrastruktur jalan menuju tempat wisata itu juga sudah bisa dilalui mobil. Tak hanya itu, lokasi yang berada di ketinggian dinilai mampu memanjakan pengunjungnya dengan panorama alam nan asri. Apalagi, pengelola juga menyiapkan berbagai fasilitas seperti rest area, gazebo, serta sungai yang bisa untuk renang dan memancing.

Kepala Desa Badean Purnanto mengatakan, potensi di desanya itu memang baru-baru ini dikembangkan. Ia masih mengusahakan dan banyak berbenah untuk bisa menarik pengujung. “Sebenarnya lokasi ini sangat unik. Ada kebun dan hutan yang masih asri,” jelasnya.

Untuk mengoptimalkan daya tarik pengunjung itu, pihaknya sendiri telah mengupayakan dengan membentuk Kelompok Desa Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berlokasi di Dusun Karang Pakeh desa setempat.

Ia berharap, dampak korona bisa segera pulih dan lokasi wisata tersebut bisa kembali menarik minat para wisatawan. “Dengan datangnya pengunjung, kami bisa memperdayakan masyarakat di sekitar tepat wisata. Karenanya, harus terus kita dorong untuk lebih dikembangkan,” tukasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih