Kampus Masih Berlakukan Tatap Muka Terbatas

BELUM AKTIF: Suasana lingkungan kampus IAIN Jember. Hanya sedikit mahasiswa, dosen, dan staf saja terlihat, karena hampir semua layanan dan aktivitas akademik masih berjalan daring.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Aktivitas akademik di perguruan tinggi belum banyak yang berubah. Sejak awal pandemi hingga hari ini, semua masih berjalan serba daring. Meskipun ada aktivitas pertemuan luring (luar jaringan/offline), itu pun sekadar tatap muka terbatas.

Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Jember Hefni Zain menjelaskan, kendati hanya berlangsung tatap muka terbatas, pihak rektorat memastikan seluruh pelayanan di kampusnya berjalan efektif dan efisien. “Sesuai ketentuan menteri dan arahan rektor, semuanya masih berjalan daring. Kalaupun mengharuskan ke kampus, itu terbatas sekali,” bebernya.

Kondisi itu sebenarnya tak hanya terjadi di lingkungan IAIN Jember. Sejumlah perguruan tinggi lainnya pun menerapkan kebijakan yang sama. Di Universitas Muhammadiyah Jember misalnya, yang menambahkan kelas sore dalam perkuliahan daring. “Ini bagian dari konsep merdeka belajar kampus merdeka,” imbuh Dekan Fakultas Ekonomi UM Jember Maheni Ika Sari.

Kondisi itu hampir merata berjalan di seluruh perguruan tinggi di Jember. Mungkin juga seluruh Indonesia. Belum diketahui pasti, sampai kapan aktivitas perkuliahan daring itu. Namun, yang jelas banyak yang berharap, kondisi bisa segera pulih hingga semester mendatang.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Maulana
Fotografer: Maulana