Prof Dr HM Hary Djatmiko SH MS

Siap Sambut Gagasan dari Hakim MA

GURU BESAR HTN: Prof Dr HM Hary Djatmiko SH MS hari ini akan menjalani prosesi pengukuhan gelar guru besar di Auditorium Universitas Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Universitas Jember semakin menegaskan diri sebagai Kampus Kebangsaan setelah dikukuhkannya Prof Dr HM Hary Djatmiko SH MS sebagai Guru Besar Bidang Hukum Perpajakan. Prosesi pengukuhan pria yang juga merupakan hakim Mahkamah Agung (MA) itu akan berlangsung hari ini (15/1), di Gedung Auditorium Universitas Jember.

IKLAN

Titel guru besar di bidang hukum ini digadang-gadang akan memberikan nuansa baru terhadap iklim pendidikan khususnya di kampus Universitas Jember. Selama ini, tak banyak hakim MA yang juga berkiprah di dunia akademik. Beruntung, Universitas Jember menjadi salah satu pelabuhan Prof Hary dalam menuangkan segudang pengalamannya di bidang hukum dan perpajakan.

Hal itu diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum Unej Mochammad Ali. Ia mengungkapkan, selama ini ketersediaan guru besar bidang hukum tata negara (HTN) di Fakultas Hukum (FH) Unej memang terbatas. Sebab, satu-satunya guru besar di HTN sebelumnya telah diminta oleh Kementerian Hukum dan HAM RI. “Pengukuhan Prof Hary ini menambah amunisi. Dan Alhamdulillah, guru besar di HTN hari ini tidak lagi kosong,” kata Mochammad Ali.

Dia menilai, Prof Hary tak sekedar seorang hakim MA, tapi tak kalah penting adalah pengalamannya yang telah puluhan tahun meniti karir di bidang perpajakan. Apalagi, kata Ali, gagasan besar beliau terkait asas itikad baik dalam kebijakan hukum, dianggapnya sangat filosofis dan perlu diaktusalisasikan. Atas dasar itu pula, Ali mengaku sangat bangga karena fakultas yang dipimpinnya menjadi pilihan Prof Hary sebagai tempat menularkan pengalaman dan pengetahuannya itu.

Ali mengaku optimistis dan menganggap sosok Prof Hary sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Selain itu, ia juga berharap besar kehadiran Prof Hary akan memberikan gebrakan dan pengaruh signifikan. Baik untuk kelembagaan ataupun untuk kualitas lulusan. “Mungkin bisa digagas Pusat Pengkajian Pajak dan beliau sebagai mentor utamanya. Tak kalah penting adalah beliau bisa menginspirasi para lulusan FH Unej untuk semakin berkompeten,” pungkasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti