PPS Diminta Bekerja Profesional

KEMBALI BEKERJA: Setelah dinonaktifkan selama beberapa bulan, PPS di seluruh desa yang ada di Jember kembali dilantik. Salah satunya PPS dari lima desa di Kecamatan Sukorambi.

SUKORAMBI.RADARJEMBER.ID- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember telah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember juga sudah mengaktifkan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) di semua desa, Senin (15/6) kemarin. Para penyelenggara ini diminta bekerja secara profesional sehingga pelaksanaan pilkada berlangsung jujur dan adil.

IKLAN

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember Gatot Triyono, meminta PPS untuk bekerja profesional. Karena mereka memiliki peran besar demi kesuksesan Pilkada 2020 yang digelar pada 9 Desember mendatang. “Karena itu setelah dilantik, PPS segera bekerja yang dilandasi rasa tanggung jawab,” katanya.

Pantauan wartawan radarjember.id, pelantikan PPS di kecamatan berlangsung lancar, serta dihadiri oleh muspika kecamatan setempat. Di Kecamatan Sukorambi, misalnya, tercatat 15 orang mengikuti pelantikan PPS itu. Mereka mewakili lima desa seperti Jubung, Dukuhmencek, Sukorambi, Karangpring dan Klungkung.

“Anggota PPS ini didominasi oleh wajah-wajah baru dan berusia muda. Sehingga saya yakin mereka memiliki semangat tinggi,” tutur Bambang Rudianto, Camat Sukorambi. Karena itu, para anggota PPS yang lama diminta berdiskusi dan berbagi pengalaman kepada anggota PPS lain. Mengingat mereka adalah PPS senior dan pernah bertugas saat pemilu lalu.

Lebih lanjut Rudi berharap, PPS mampu melakukan pemuktahiran data sehingga lebih valid dan tak menimbulkan masalah di kemudian hari. Karena sebagaimana diketahui, persoalan data seolah menjadi problek klasik tiap penyelenggaraan pemilu. “Hal ini sangat penting agar data pemilu bisa disajikan secara benar. Harapannya, tidak ada manipulasi data,” pungkasnya. (kl)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih