Jember Hemat Anggaran Pilkada Rp 3 Miliar

PAPARKAN ANGGARAN PIlKADA: Bupati Jember dr FaidaMMR, menjadi narasumber webinar bertajuk Dukungan Pendanaan Pilkada 2020.

PATRANG.RADARJEMBER.ID- Lagi-lagi Bupati Jember dr Faida MMR, menjadi narasumber dalam diskusi level nasional yang dilakukan secara daring. Bupati memapaparkan anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) dalam web seminar (webinar) bertema Dukungan Pendanaan Pilkada 2020.

IKLAN

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BSDM) Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri), Selasa (16/6).

“Dalam webinar itu, Kabupaten Jember diberi kesempatan menjadi narasumber. Pesertanya dari seluruh Indonesia. Mereka ini ingin mengetahui bagaimana Kabupaten Jember mengelola anggaran pilkada,” ungkap Faida, saat diwawancarai wartawan.

Perempuan pertama yang menjadi Bupati Jember ini memaparkan, tahun 2020 ini tercatat ada 270 daerah yang menggelar pilkada. Karena itu, APBD harus mampu mendanai pesta demokrasi tersebut.

“Di masa pandemi saat ini, struktur anggaran mengalami perubahan. Karena difokuskan pada penanganan Covid-19. Maka, anggaran pilkada juga ikut mengalami perubahan,” jelasnya.

Dari perubahan anggaran itu, Bupati Faida mengaku, telah melakukan penghematan lebih dari Rp 3 miliar. Dan hal itu mendapat apresiasi daerah lain yang menjadi peserta webinar.

Bahkan Faida memberi masukan kepada daerah lain terkait pilkada. Seperti penjadwalan waktu untuk lansia datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu, TPS untuk satu RT tidak terpisah. (kl)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih