Program Unggulan Perpus Berhenti Sementara

TIDAK JALAN SEMENTARA: Perpustakaan keliling yang diminati siswa, seperti di TK Al-Fath Perum Griya Mangli Indah, berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Minat baca warga Kabupaten Jember beberapa tahun terakhir sebenarnya tergolong bagus. Akan tetapi, datangnya wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) memberi pengaruh cukup serius terhadap program-program Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Jember yang selama ini rutin berjalan.

IKLAN

Di antara program yang terpaksa berhenti sementara akibat pandemi korona yaitu program jemput bola. Pertama, perpustakaan keliling untuk pelajar. Kedua, undangan rutin bergilir kepada siswa PAUD dan TK untuk datang ke Perpusda Jember. Dua program unggulan itulah yang tidak dapat dilakukan untuk sementara waktu ini.

“Protokol penanganan Covid-29 tidak mengizinkan orang kumpul-kumpul. Sehingga program yang biasanya mendatangkan siswa dihentikan sementara selama korona. Selain itu, sejak sekolah diliburkan atau siswa sekolah belajar di rumah, sejak itu pula perpustakaan keliling dihentikan sementara,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perpusda Jember Udy Hartanto.

Lantaran program jemput bola tak bisa dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan, maka Perpusda Jember hanya bisa menunggu pembaca datang ke kantor perpus. “Mereka yang datang juga harus mengikuti prosedur Covid-19. Jadi, siapa saja yang mau masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu dan mengenakan masker,” ungkapnya.

Selama masa pandemi korona ini, setiap harinya tetap ada saja pelajar atau warga yang datang membaca atau meminjam buku. “Tetapi ada penurunan dibanding sebelum ada korona. Untuk perpustakaan sendiri layanan tetap, jam buka juga tetap. Hanya dua program jemput bola itu yang dihentikan sementara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, program perpustakaan keliling menyasar sejumlah sekolah yang ada di kabupaten Jember. Sasarannya pun mulai dari PAUD sampai sekolah tingkat SMA. Sementara itu, undangan rutin dan bergilir biasanya dilakukan yakni untuk PAUD dan TK. Dua program unggulan yang kini dihentikan sementara banyak membantu terutama dalam meningkatkan minat baca anak, pelajar, maupun warga Jember.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti