Jangan Segan Lapor Petugas Berwajib!

Sungai Kerap Diracun, Relawan Ingatkan Warga

PEDULI LINGKUNGAN: Sejumlah relawan dan warga menyebarkan puluhan ribu benih ikan di beberapa titik sungai di Kecamatan Balung, Selasa (14/1) kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Maraknya aktivitas warga yang kerap mencari ikan dengan meracuni sungai membuat sejumlah relawan tak segan-segan untuk bertindak tegas. Sejumlah relawan dari Kecamatan Balung menilai, meracuni sungai tak sekadar mencemari lingkungan, namun merusak habitat atau makhluk hidup yang ada di sungai tersebut.

IKLAN

Seperti keberadaan sungai yang ada di Kecamatan Balung. Beberapa sungai yang mengalir di sana memang sebagian dimanfaatkan warga untuk melangsungkan hajat kehidupan. Hanya saja, tak sedikit yang menyalurkan hobinya mencari ikan dengan cara yang kurang bijak. Meracuni sungai.

Bahkan, akibat dari sungai yang diracun tersebut, air yang dialirkan ke daerah persawahan bisa mengancam tanaman di area tersebut. “Ini adalah upaya membangun kesadaran warga agar peduli kelestarian sungai, karena di Balung sendiri terdapat cukup banyak sungai,” kata Ahmad Sugiarto, salah satu pembina kegiatan para relawan.

Ahmad mengatakan, setelah memasang patok imbauan pelarangan membuang sampah ke sungai, Selasa (14/1) kemarin, para relawan melakukan aksi melepas sekitar 36 ribu benih ikan ke sejumlah titik pintu air di Kecamatan Balung. Mulai dari pintu air depan SPBU Balung, pintu air di belakang Terminal Balung, dan di Jembatan Bedadung di Jalan Ambulu.

“Mulai dari ikan nila, tawes, sampai tombro. Memang sengaja dilepas, silakan warga kalau menangkap kembali. Tapi bukan berarti harus dengan cara meracun sungai,” tegas Ahmad.

Tak sebatas seruan, para relawan juga mengajak warga lebih peduli kelestarian sungai. Bahkan, jika ada temuan warga yang melakukan aktivitas meracun sungai, jangan ragu melapor ke pihak berwajib.

Tak hanya diikuti para relawan, sejumlah unsur lain sempat terlihat dalam bakti lingkungan tersebut. Mulai dari komunitas pemancing, para pelajar, bahkan jajaran Muspika Kecamatan Balung. “Kita perlu bareng-bareng dengan berbagai unsur dan kalangan. Karena ini tugas bersama,” pungkasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti