Jalur Independen Mulai Disosialisasikan

DETAIL: Ahmad Susanto, Komisioner KPU Kabupaten Jember, memberikan penjelasan terkait adanya peluang pencalonan melalui jalur independen, kemarin (15/1).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dijadwalkan KPU Kabupaten Jember terus berjalan. Proses pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati (bacabup-bacawabup) juga telah diatur sedemikian detail. Nah, siang kemarin (15/1), peluang jalur independen mulai disosialisasikan kepada khalayak umum.

IKLAN

Sosialisasi adanya jalur untuk bacabup-bacawabup perseorangan atau independen tersebut disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jember kepada sejumlah masyarakat. Ada beberapa tokoh, perwakilan dari bacabup independen, organisasi kemasyarakatan, hingga organisasi kemahasiswaan.

“Hari ini kami mulai menyosialisasikan adanya jalur perseorangan. Tadi, yang kami undang ada dari utusan calon perseorangan yang sudah mengambil password Silon dan beberapa undangan lain,” kata Ketua KPU Kabupaten Jember Muhammad Syai’in.

Secara teknis, Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto menjelaskan, tahapan untuk pendaftaran bacabup perseorangan sudah diatur. Termasuk persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa ditetapkan sebagai calon. “Perlu diketahui, persyaratan-persyaratannya. Misalnya, harus mengumpulkan surat dukungan, persebaran dukungannya, serta administrasi lain. Semua persyaratan administrasi nantinya akan diverifikasi faktual. Begitu pula dengan surat dukungan,” tegasnya.

Komisioner KPU Jember lainnya, Dessy Anggraeni, meminta agar pihak yang berniat maju melalui jalur perseorangan benar-benar memperhatikan sisi hukumnya. Misalnya, akhir masa pendaftaran diatur pada 23 Februari 2020 harus dipatuhi. Jika tidak, maka bacabup dipastikan akan gugur. “Peraturannya juga dipelajari,” tegasnya.

Sementara itu, dalam sosialisasi adanya peluang bacabup jalur independen tersebut, KPU Jember meminta agar semua pihak bisa ikut membantu proses penyelenggaraan pilkada agar sukses. Salah satunya ikut bersosialisasi bahwa 23 September mendatang akan ada pencoblosan untuk memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti