Pencuri Durian Tertangkap Massa

Dua Motor Hangus Dibakar Warga

TINGGAL RANGKA SAJA: Dua sepeda motor milik Mat Burung dan Sigit, dua tersangka pencurian buah durian, habis dibakar warga akibat kesal dengan sikap pelaku yang menyalahgunakan kepercayaan pemilik kebun.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Warga Dusun Curah, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, gerah dengan aksi pencurian yang dilakukan Mat Burung, 50, warga Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, Kecamatan Silo. Bukannya menjaga lahan kebun durian yang dititipkan oleh Suyanto, dirinya justru mengajak Sigit, 45, yang juga tinggal di Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, Kecamatan Silo, untuk mencuri buah durian tersebut. Tak tanggung-tanggung, lebih dari satu sak buah durian siap untuk dibawa kabur.

IKLAN

Awalnya, Mat Burung mendapat kepercayaan dari Suyanto, warga Dusun Tanah Manis, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, untuk menjaga kebun durian miliknya di Petak 16 X RPH Silo, BKPH Mayang Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, Silo. Sebab selama ini hasil buah yang ditanam di kebun tersebut kerap raib tanpa sepengetahuan Suyanto. Namun, pepatah pagar makan tanaman justru berlaku, Mat Burung yang selama ini mengambil hasil kebun buah tersebut.

Kejadian ini baru diketahui saat Suyanto melihat kedua pelaku masuk ke kebun durian seusai salat Magrib. Karena ingin mendapat bukti, dirinya membiarkan kedua pelaku naik ke atas pohon dan mengambil durian hingga hampir dua sak. Warga baru mengepung keduanya setelah turun dan hendak kabur dengan dua sepeda motor milik Mat Burung dan Sigit. Sayangnya, hanya Mat Burung yang berhasil diamankan, sementara Sigit berhasil kabur.

Mat Burung akhirnya digelandang ke rumah Kepala Desa Garahan Omaidi bersama dengan hasil curian dan dua sepeda motor milik kedua pelaku. Namun, saat tengah disidang oleh kades, sejumlah warga yang geram memutuskan untuk membawa kedua motor pelaku menjauh dari rumah, lalu membakarnya hingga hangus tersisa rangka. “Waktu Mat Burung diminta untuk membuat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya, ada massa membawa motor yang awalnya berada di depan rumah Pak Kades, lalu didorong ke tempat yang lebih jauh,” ujar Suyanto.

Massa yang membakar motor juga nyaris main hakim sendiri terhadap pelaku pencurian. Beruntung, saat kejadian terdapat seorang petugas bhabinkamtibmas yang datang ke rumah Omaidi, sehingga mampu mendinginkan emosi warga. Selanjutnya, pelaku langsung dibawa ke Polsek Silo untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kanitreskrim Polsek Silo Aiptu Zaki Mutaqin menuturkan, dirinya telah mengamankan pelaku pencuri buah durian yang tertangkap massa. Sementara itu, satu tersangka lainnya yang kabur kini berada dalam daftar pencarian orang (DPO). “Dua motor milik tersangka yang dibakar massa hanya tersisa kerangkanya saja,” pungkas Zaki.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti