Bosan Tiap Tahun Selalu Kebanjiran

Relawan Serukan Warga untuk Jaga Kebersihan Sungai 

AJAK JAGA SUNGAI: Aktivitas sejumlah relawan dan warga saat mendirikan patok dan banner berisikan imbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan sungai di sekitar Balung.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – ‘Sungai tidak perlu dibersihkan, cukup dengan tidak mengotorinya saja’. Begitu salah satu isi tulisan dari banner yang dibuat relawan di Kecamatan Balung. Bukan tanpa alasan, banner dan patok bertuliskan imbauan itu sengaja mereka pasang di tiap tepian sungai di Balung.

IKLAN

Hal itu tak sekadar memberikan alarm kepada warga sekitar, tapi menarik perhatian bagi pengendara yang lalu lalang orang melintas. “Biasanya di sekitar lampu merah Balung itu kerap banjir,” kata Ahmad Sugiarto, salah satu relawan Balung.

Ia mengatakan, keberadaan sungai di Balung selama ini cukup vital. Selain sebagai pengairan, tak sedikit warga Balung yang masih menggunakan sungai sebagai tempat melangsungkan hajat, khususnya mereka yang tinggal di pinggiran sungai.

Terlebih bagi anak-anak. Sungai yang mengalir di sekitar Balung itu masih menjadi salah satu tempat bermain mereka. Jika terjadi hujan, lanjutnya, sungai-sungai tersebut membawakan berbagai jenis tumpukan sampah.

Ia bersama relawan lainnya melakukan pemasangan banner dan patok tersebut di berbagai titik. Seperti di pintu air atau dam Kecamatan Balung, di beberapa titik Sungai Bedadung, dan di sekitar jembatan lampu merah Balung yang menjadi lokasi kerap terjadinya banjir. “Kalau patok imbauan itu, kita kerja sama dengan dinas perikanan. Yang memakai banner, kita swadaya antarwarga dan relawan Balung,” paparnya.

Ahmad meyakini, untuk membangun kesadaran warga sadar kelestarian lingkungan tidak bisa langsung. Melainkan harus bertahap. “Salah satunya dengan pemasangan imbauan seperti ini. Meskipun baru perdana, tapi ini bagian dari usaha kita untuk mengurangi potensi bencana lingkungan di Balung,” tandasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono