Mantan Pasien Bibir Sumbing Tampil Pede

Paguyuban Smile World RSBS Ikut JFC 2019

PERCAYA DIRI: Paguyuban Smile World bersama Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

RADAR JEMBER.ID – Sejumlah mantan pasien bibir sumbing yang tergabung dalam Paguyuban Smile World RS Bina Sehat Jember ikut memeriahkan JFC 2019. Mereka tampil percaya diri dalam perhelatan JFC Kids tersebut.

IKLAN

Satu dari 9 anggota Paguyuban Smile World adalah Valen. Gadis kecil yang duduk di bangku kelas 1 SD itu begitu semangat. Ibundanya juga mendampinginya, mulai dari latihan, fitting baju, hingga perform saat pelaksanaan. Terbukti, Valen begitu luwes berlenggak-lenggok menggunakan kostum Minahasa, sembari sesekali melemparkan senyum manisnya. “Tidak pernah terbayangkan Valen bisa tampil begini. Apalagi kalau ingat sebelum Valen dioperasi. Takut dia dikucilkan dan tidak percaya diri,” kata Ibunda Valen.

Antusiasme juga ditunjukkan oleh Adim, mantan pasien bibir sumbing yang juga siswa kelas VI SDN Baratan 1. Ini ketujuh kalinya Adim tampil di JFC bersama Paguyuban Smile World RSBS. “Seneng bisa ikut lagi, tampil lagi, pakai kostum lagi. Makin seneng waktu ada yang ngajakin foto,” tuturnya.

Sementara itu, M. Aris Musaini AMd Kep, koordinator Paguyuban Smile World mengatakan, kostum yang digunakan untuk perform dibuat sendiri oleh karyawan RSBS. Di tahun 2019, tema kostum yang digunakan terdiri atas Minahasa, Hudoq, Karen, Zulu, dan Mongol. Selain itu, mereka dimotivasi agar meningkatkan rasa percaya diri. “Karena ini untuk anak-anak, kami buat senyaman mungkin. Sebelumnya mereka juga dilatih agar lebih percaya diri saat menggunakan kostum,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Jember dr Faida MMR saat menyapa Paguyuban Smile World mengatakan, semua orang punya kesempatan yang sama untuk berkarya. Keikutsertaan Paguyuban Smile World yang membanggakan ini menjadikan JFC sebagai karnaval inklusi dan terbuka untuk semua orang. “Siapa pun berkesempatan untuk menunjukkan kreativitasnya. Sebab, JFC tak hanya untuk mereka yang terlahir cantik jelita dan rupawan. Tetapi juga untuk anak-anak mantan pasien bibir sumbing yang telah dioperasi di RSBS,” tutur bupati. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi