Rayakan Kelulusan, Bagikan Sembako ke Duafa

BERBAGI KE SESAMA: Sejumlah mahasiswa membagikan sembako ke tukang becak di sekitar kampus Universitas Islam Jember, Kecamatan Kaliwates, kemarin (13/5). 

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Ada pemandangan tak biasa dari belasan mahasiswa asal Universitas Islam Jember (UIJ), Rabu (13/5) kemarin. Sesaat setelah mereka dinyatakan lulus ujian skripsi secara daring, mahasiswa itu spontan keliling dan mendatangi tukang becak, serta warga miskin di sekitar kampus mereka untuk memberikan sembako.

IKLAN

Aksi spontan ini sontak menarik perhatian civitas akademika di UIJ. Karena biasanya, mahasiswa yang usai ujian skripsi menggelar traktiran atau buka bersama rekan-rekannya. Tapi kali ini tidak, mahasiswa melakukan aksi sosial. “Aksinya spontan. Jadi mahasiswa ini patungan membeli sembako untuk dibagikan,” ujar Jasuli, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UIJ.

Melihat aksi kemanusiaan itu, Jasuli langsung ikut dalam rombongan. Dia ikut membagikan sembako tersebut ke para penerima. Sebab, kata dia, aksi sekitar 20 mahasiswa itu dianggapnya bisa memotivasi mahasiswa lain untuk merayakan kelulusan dengan cara positif. Kendati di tengah wabah ini, ujian skripsi mereka dilakukan secara daring.

Sementara itu, Asad Samsul Arifin, salah satu mahasiswa mengatakan, sebelum aksi digelar, muncul ide sepontan untuk membagikan sembako ke kaum duafa. Ini sebagai bentuk syukur atas keberhasilan mereka menempuh ujian skripsi. Rupanya, ide itu mendapat sambutan baik teman-temannya yang lain. Mereka mendukung usulan itu, karena saat ini banyak orang yang terdampak wabah Covid-19. “Idenya memang mendadak. Ternyata banyak yang mendukung, akhirnya kami patungan,” katanya.

Sembako yang terdiri dari beras dan minyak goreng itu mereka bagikan kepada tukang becak dan dan beberapa warga miskin di sekitar kampus. Kaum duafa inilah yang paling merasakan dampak wabah korona. “Kami sengaja menyisir tukang becak. Karena kami berfikir, di situasi seperti ini penghasilan mereka pasti menurun dan mereka juga punya keluarga. Semoga bantuan sedikit ini bisa bermanfaat,” harapnya. (mau/rus)

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih