Jember Kekurangan 600 Guru Agama

Pemkab Berencana Lakukan Rekrutmen

BELUM SESUAI KEBUTUHAN: Jumlah guru agama di Kabupaten Jember sangat minim. Karena itu Wabup Jember Drs KH Abdul Muqit Arief menyatakan, akan segera mengisi kekurangan guru agama tersebut.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Jumlah guru agama di Kabupaten Jember belum sesuai kebutuhan. Hal itu dikarenakan tidak sedikit dari guru agama yang telah memasuki masa pensiun.

IKLAN

“Kabupaten Jember saat ini kekurangan guru agama sekitar 600 orang. Mulai dari tingkatan SD sampai SMA. Kami butuh guru agama dan itu tidak cuma guru agama Islam namun juga guru agama lain,” terang Drs KH Abdul Muqit Arief, Wakil Bupati Jember.

Dia menegaskan, guru agama memiliki peran strategis untuk mencetak generasi cerdas dan bermoral. Menurutnya, karakter anak juga dibentuk oleh guru agama di sekolah. “Ini sangat penting karena agama merupakan modal kekuatan anak untuk menjalani kehidupan,” imbuh alumni Pondok Pesantren Guluk-Guluk Madura itu.

Wabup Muqit memaparkan, mekanisme pengisian guru agama itu akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jember dan melibatkan dewan pendidikan.

“Kualitas pendidikan bernuansa keagamaan sulit terwujud apabila tidak ditunjang oleh keberadaan guru agama. Karena itu Pemkab Jember akan melakukan sesegera mungkin rekrutmen guru agama,” pungkas Wabup Muqiet. (kl)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih