Ternyata Dibunuh Mertuanya

Kasus Penemuan Mayat Membusuk di Kamar

TERNYATA: Tersangka Sumar, 80, akhirnya mengaku sebagai pelaku pembunuhan terhadap Zeli, yang tinggal di rumah yang sama.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Akhirnya terkuak, misteri kematian Zeli alias Mora, 55, warga Dusun Congapan, Lingkungan Gunung Gabek, Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru. Sebelum ini, muncul dugaan Zeli meninggal akibat dibunuh, dan itu benar adanya. Hal yang cukup mengejutkan, pelaku yang diduga membunuh korban adalah Sumar, 80, orang yang pertama kali melaporkan penemuan mayat itu kepada warga.

IKLAN

Hal ini diungkapkan oleh Iptu Solekhan Arif, KBO Reskrim Polres Jember. “Tersangka Smr (Sumar, Red) ini adalah penghuni rumah di lokasi mayat korban yang ditemukan. Jadi, korban dan Smr ini tinggal satu rumah,” ujarnya, (12/3) kemarin.

Menurut Arif, pascakejadian itu, Sumar dimintai keterangan. Saat diinterogasi petugas inilah, Sumar mengakui telah membunuh korban. “Pengakuan tersangka Smr karena sakit hati. Tersangka mengaku sering diolok-olok oleh korban, karena makan dan tidur di rumah itu,” ujar Arif.

Karena sakit hati itulah, pada hari Sabtu (7/3) malam, tersangka melampiaskan amarahnya dengan membunuh korban. “Korban dicekik oleh tersangka saat dalam kondisi tidur,” ujarnya.

Tersangka mengakui, aksi pembunuhan itu dilakukan seorang diri. Setelah korban tewas, tersangka kemudian mengunci kamar itu dari luar. “Sampai akhirnya tercium bau menyengat yang berasal dari mayat korban, kemudian dilaporkan kepada masyarakat dan diteruskan ke pihak kepolisian,” lanjut Arif.

Korban, lanjut Arif, merupakan menantu dari tersangka. Saat pembunuhan itu terjadi, di rumah tersebut ada istri tersangka juga istri korban yang kondisinya tunanetra. “Tapi istri tersangka dan istri korban ini baru tahu kejadian itu setelah tersangka mengaku membunuh korban,” ujarnya.

Sebagai informasi, warga yang tinggal di Dusun Congapan, Lingkungan Gunung Gabek, Desa Karang Bayat, Kecamatan Sumberbaru, mendadak geger. Pasalnya, Zeli alias Mora, 55, warga setempat, ditemukan tewas membusuk di dalam rumahnya, Selasa (10/3) sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi di lapangan, mayat korban itu pertama kali diketahui Sumar. Malam itu, Sumar mendatangi ketua RT setempat dan melaporkan bahwa ada mayat membusuk di dalam rumahnya. Usai menerima laporan itu, ketua RT melakukan pengecekan dan melaporkan kejadian itu ke Polsek Sumberbaru.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti