Moment Persatuan Umat di Hari Raya Idul Adha

RAME-RAME: Warga Perumahan Taman Gading kompak menyembelih hewan kurban. (didik supriyanto for radarjember.id)

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Idul Adha selalu menjadi momen spesial bagi umat islam. Tahun ini, Hari Raya Idul Adha tidak hanya dirayakan oleh umat islam saja. Namun, juga menjadi momen persatuan bagi seluruh masyarakat, khususnya Warga Perumahan Taman Gading.

IKLAN

Hari raya Idul Adha yang jatuh pada bulan Agustus, bulan dimana Bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya. Semangat Persatuan inilah yang membuat warga berbondong-bondong datang ke masjid Baiturrahman Perumahan Taman Gading untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Ada 5 ekor sapi dan 38 kambing yang disembelih. Para pekurban berasal dari warga RW 35, RW 36, dan RW 40 di lingkungan perumahan Taman Gading. “Saya sangat senang dengan kurban tahun ini. Masyarakat begitu antusias untuk berkurban di sini”, kata Mulyadi, ketua panitia kurban.

Antusias warga, menurut Mulyadi, tidak lepas dari transparansi panitia dalam pengelolaan.
“Alhamdulillah, dengan pengelolaan yang transparan, warga banyak yang menyalurkan kurbannya di sini”, lanjutnya.

Ia berharap, tahun depan lebih banyak lagi yang berkurban. “Saya berharap, ke depan akan semakin banyak yang berkurban di sini. Dan seluruh warga berpartisipasi dalam penyembelihannya”, katanya.

Kekompakan warga ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para ketua RW. Pasalnya, seluruh warga, laki-laki dan perempuan, turut andil dalam pelaksanaannya. “Saya bangga sekali hari ini. Disini tidak hanya bapak-bapak yang hadir, namun ibu-ibu juga aktif membantu”, kata Kasmuri, ketua RW 35.

Terpisah, Ketua RW 36 dan 40 juga membenarkan hal tersebut. “Bangga sekali melihatnya, ini menjadi momen yang bagus. Karena bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI. Harapan saya, persatuan ini terus terwujud di seluruh masyarakat, khususnya Perumahan Taman Gading”, kata Didik, ketua RW 40.

Reporter : mg1

Fotografer : mg1

Editor : Mahrus Sholih