Setahun Ambrol, Belum Ada Perbaikan

Jalan Menuju Gunung Gambir Semakin Berbahaya

TETAP DIBIARKAN: Kepala Desa Jatiroto M Slamet saat melihat kondisi jalan menuju Gunung Gambir yang ambrol. Meski sudah setahun berlalu, belum ada perbaikan yang signifikan di lokasi tersebut.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Meski sudah setahun berlalu, namun jalan ambrol yang menuju tempat wisata Gunung Gambir, tepaatya di Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, masih belum mendapat rehabilitasi yang signifikan. Padahal ambrolnya jalan tersebut sangat membahayakan masyarakat, khususnya yang mengendarai sepeda motor.

IKLAN

Tak jarang kecelakaan terjadi di sekitar jalan tersebut. Apalagi setelah dipasang bambu pengaman, lebar jalan semakin menyempit. Kondisi semakin berbahaya kala malam tiba. Minimnya penerangan jalan membuat warga hampir tak bisa melihat jelas. “Padahal jalan ini merupakan jalur alternatif menuju tempat wisata Gunung Gambir,” ujar Nimar Mustofa, 39, salah satu warga setempat.

Sebelum ini dinas-dinas terkait sudah mendatangi lokasi dan mengambil beberapa dokumentasi. Hanya saja, belum ada kelanjutannya. “Jalan yang ambrol persis di cempolong bangunan zaman Belanda, untung bangunannya masih kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jatiroto M Slamet mengaku heran, karena hingga hampir setahun tidak ada tanda-tanda jalan ini akan diperbaiki. Padahal awalnya sudah siap dibangun. Bahkan, 10 kawat bronjong yang akan dipasang sudah disiapkan. “Sementara tumpukan kawat bronjong sudah ada di kantor balai desa. Kawat bronjongnya bahkan sudah berkarat,” ujarnya.

Dirinya justru pesimistis, dinas terkait lupa dengan kondisi jalan alternatif tersebut. Padahal, lokasinya merupakan salah satu akses tempat wisata di Kabupaten Jember. “Apa harus menunggu ambrolnya lebih luas baru bisa diperbaiki?” keluhnya.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti