Tahapan Terus Jalan, PPK Segera Dibuka

TEGAS: Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto memberi penjelasan terkait tahapan pilkada yang terus berjalan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tahap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Jember jalan terus. Setelah Bawaslu Jember merekrut panitia pengawas kecamatan (panwascam) beberapa waktu lalu, kini giliran KPU Jember yang akan merekrut panitia pemilihan kecamatan (PPK).

IKLAN

Rencana rekrutmen untuk PPK tersebut disampaikan Ahmad Susanto, Komisioner KPU Jember. Menurutnya, pengumuman pendaftaran akan dilakukan pada 15 Januari 2020. “Pengumuman pendaftaran akan dilakukan pertengahan bulan ini,” katanya.

Pria yang membidangi divisi teknis di KPU Jember itu menyebut, rekrutmen dilakukan untuk mengisi PPK di 31 kecamatan yang ada di Jember. “Masing-masing kecamatan akan diambil lima orang untuk menjadi anggota PPK,” imbuhnya.

Dalam rekrutmen itu nanti, Susanto menyebut, akan ada serangkaian seleksi mulai dari administrasi sampai pada wawancara. “Termasuk ada tahapan untuk tanggapan masyarakat terhadap calon anggota PPK,” ucapnya.

Tanggapan masyarakat ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah calon anggota PPK tersebut merupakan pengurus partai politik atau hal lain yang dilarang oleh peraturan hukum. “Termasuk kalau ada orang yang sudah dua kali pernah menjadi PPK, juga tidak boleh,” jelasnya.

Susanto pun menegaskan, rekrutmen PPK ini nanti akan membutuhkan sebanyak 5 orang dikalikan 31 kecamatan yang ada di Jember. “Untuk masa kerjanya yaitu sembilan bulan, yang akan dihitung mulai awal Maret 2020 nanti,” pungkasnya.

Sekadar informasi, tahapan pilkada di Jember sudah berjalan secara resmi sejak Oktober 2019 lalu. Para calon pun sudah bermunculan, termasuk ada yang menjajaki jalur independen. Sementara itu, untuk pencoblosan calon bupati dan calon wakil bupati di Jember akan digelar pada 23 September 2020.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono