Peduli Lingkungan, Polres Tanam Ribuan Pohon

TANAM POHON: Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal didampingi Habib Haidar saat melakukan penanaman pohon di halaman Mapolsek Tanggul, kemarin.  

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan, Kapolri Jenderal Idham Aziz memerintahkan seluruh jajarannya, termasuk kapolda dan kapolres, untuk menanam pohon. Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal ikut melakukan penanaman pohon dan memerintahkan semua kapolsek untuk melakukan penanaman pohon di sekitar polsek.

IKLAN

Gerakan Polri Peduli Penghijauan ini dilakukan Alfian di Mapolsek Tanggul, dengan memanfaatkan lahan kosong yang dianggap tidak produktif, Jumat (10/1) pagi kemarin. Aksi penanaman pohon ini bertepatan dengan Hari Penghijauan yang jatuh tiap tanggal 10 Januari.

“Hari ini, jajaran Kepolisian Resor Jember ikut bergerak serentak melaksanakan penanaman pohon dari lingkungan kantor, asrama Polri, hingga lahan-lahan tidak produktif milik Polri, Perhutani, maupun daerah rawan longsor dan banjir,” ujar Kapolres Jember.

Kegiatan itu merupakan sinergi bersama unsur muspika, TNI Polri, tokoh masyarakat, mahasiswa, Banser, Pramuka dan relawan lingkungan, dan sejumlah ormas. Sebanyak 50 ribu bibit pohon buah telah disiapkan dan diproyeksikan untuk lahan-lahan tersebut.

“Pohon yang ditanam beragam. Seperti bibit nangka, sirsak, alpukat, matoa, kelengkeng. Di sebar di seluruh polsek jajaran di wilayah Kabupaten Jember,” ujar Alfian.

Salah satu di antaranya dipilih sebuah kawasan yang rawan bencana banjir seperti di aliran sungai Dusun Gaplek, Desa Suci, Kecamatan Panti, dan Dusun  Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang.

“Pohon yang nantinya ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang. Tentunya ini sebuah langkah nyata Polri berbuat aksi yang lebih baik bagi tanah air,” ujarnya. Harapannya, populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor.

Alfian mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk mencintai, menanam, dan merawat dengan beragam aksi langsung menjaga pohon untuk tetap tegak berdiri. Menyebarkan pohon-pohon kaya manfaat di berbagai tempat.

“Memang saat kita tanam pohon ini, kita tidak langsung merasakan manfaatnya. Namun, kita merasakan indahnya janji masa depan dan hadiah yang kita berikan bagi anak cucu kita,” pungkas Alfian.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono