Jangan Pernah Bosan Pakai Masker

TIDAK BERMASKER.Salah satu pedagang buah Pasar Tanjung terlihat duduk santai tanpa mengenakan masker, lupa kalau saat ini pandemi masih berlangsung.

JEMBER KIDUL.RADARJEMBER.ID – Sehari pasca pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Bermasker, muncul harapan besar agar gerakan ini bisa memotivasi kesadaran masyarakat untuk terbiasa memakai masker terus meningkat. Hal itu agar bisa menekan jumlah pasien yang terinfeksi korona, dan tidak tahu sampai kapan virus mematikan tersebut hilang dari muka bumi ini.
Namun rupanya masih ada saja masyarakat yang belum menyadari bahaya Covid-19 ini. Pantauan langsung RADARJEMBER.ID di Pasar Tanjung, Sabtu (8/8), masih terlihat pedagang dan pembeli yang tidak mengenakan masker. Tak sedikit pula mereka yang mengenakan masker hanya di leher, tanpa dikenakan menutupi mulut dan hidung dengan benar.
Berbagai alasan pun terlontar dari mereka. Mulai dari lupa tidak membawa masker, tidak punya masker, bahkan ada yang bilang sudah bosan memakai masker. Banpol PP Jember, M Ifan menuturkan, pihaknya kerap mengingatkan masyarakat agar tak lupa mengenakan maskersetiap kali beraktivitas di luar rumah.
“Kami Sat Pol PP, TNI dan kepolisian saat bertugas di Pos Satgas Covid-19 setiap kali patroli selalu mengingatkan mereka. Namun kerap kali ditemui pedagang dan pembeli tidak menggunakan masker,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember, Gatot Triyono berharap pedagang dan pembeli di Pasar Tanjung tetap mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19. “Jangan pernah ada kata bosan menggunakan masker sampai kapan dan di manapun. Karena salah satu cara mencegah penularan Covid-19 adalah memakai masker, selain jaga jarak dan cuci tangan,” pungkasnya. (*)

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Winardyasto
Fotografer: Winardyasto