Ramai-Ramai Belajar Jurnalistik di Radar Jember

KUNJUNGAN REDAKSI: para pelajar SMP Al Ikhlas, Lumajang, begitu antusias belajar jurnalistik di kantor Jawa Pos Radar Jember. Setelah itu, mereka langsung menuju Temprina, tempat percetakan koran.

RADAR JEMBER.ID Membuat koran itu seperti apa ya? Begitulah pertanyaan pelajar SMP Al Ikhlas saat berkunjung ke kantor Jawa Pos Radar Jember, kemarin (8/8). Siswa dari sekolah yang berada di Lumajang tersebut jauh-jauh datang untuk menerapkan metode belajar karya wisata agar memahami jurnalistik.

IKLAN

Pelajar SMP yang datang berkunjung tersebut tidak sedikit. Ada sekitar 50 siswa yang didampingi dewan guru. Mereka membawa buku tulis, lalu mencatat semua penjelasan pemateri dari Jawa Pos Radar Jember. Pertanyaan pelajar itu pun tidak melulu jurnalistik saja, tapi juga ada yang bertanya tentang sejarah Jawa Pos Radar Jember.

Dzikri Abdi Setia, manajer radarjember.id yang menemui para pelajar itu memberikan penjelasan singkat tentang keredaksian. Dia mencontohkan adanya nama kotak di koran yang isinya adalah nama perusahaan, karyawan, dan jabatannya. Tidak hanya itu, Dzikri juga menjelaskan singkat cara memotret untuk koran itu seperti apa. Termasuk jenis berita.

Redaktur senior Radar Jember, Shodiq Syarief menjelaskan, kedatangan mereka  sebagai pembelajaran dan perkenalan tugas dan cara kerja membuat media massa atau koran.

Metode pembelajaran lewat karya wisata tersebut adalah cara yang baik untuk membuat siswa terus bersemangat belajar. Setelah itu, mereka juga tidak lupa untuk berfoto bersama di kantor Jawa Pos Radar Jember. Setelah dari Jawa Pos Radar Jember, mereka langsung masuk ke mobil elf dan segera menuju lokasi percetakan koran, yaitu di Temprina, perusahaan percetakan milik Jawa Pos Grup yang setiap hari mencetak koran Jawa Pos dan Radar Jember. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti