Spesialis Kotak Amal Terpergok Embat Genset

SPESIALIS MASJID: Aldi kembali berurusan dengan polisi setelah ketiga kalinya mengembat inventaris masjid.

RADAR, RADARJEMBER.ID – Masjid seharusnya dijadikan tempat ibadah, sekaligus menghapus dosa. Tapi tampaknya hal itu belum berlaku bagi Aldi Irzaldi. Melihat genset masjid keleleran, pria asal Dusun Curah Renteng, Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung itu langsung tergiur untuk mengembat kotak amal. Namun karena dirasa sulit, ganti mengembat genset. Dia pun harus berurusan dengan polisi.

Aldi mencuri  genset Masjid Al Hidayah, di Lingkungan Krajan, Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang, Selasa (7/7). Namun aksinya gagal, hingga ditangkap. Saat ini, Aldi mendekam di sel tahanan Mapolsek Patrang setelah statusnya resmi menjadi tersangka.

Dalam aksinya, tersangka membuka pintu masjid dengan menggunakan obeng. Kemudian, dia mengangkat genset berikut satu set kabel olor. Namun, saat hendak meninggalkan lokasi, ada warga yang memergokinya. Aldi pun langsung ditangkap dan diserahkan kepada polisi.

Kapolsek Patrang Iptu Agus Solihin Wijaya menyebut, tersangka sudah beberapa kali melakukan aksi pencurian di masjid. Bahkan tersangka juga pernah terekam CCTV. “Tersangka ini pernah di penjara karena kasus pencurian panel listrik di wilayah Genteng, Surabaya, pada tahun 2018, divonis 8 bulan,” kata Agus, kemarin.

Untuk di Jember, tersangka mengaku tiga kali mencuri barang inventaris masjid. “Pelaku mengaku sekali nyuri genset di Masjid Sumbersari. Ambil kotak amal di masjid Sumbersari. Dan mencuri kotak amal di Masjid Kaliwates. Semua sempat terekam CCTV,” jelas Agus.

Selain menangkap tersangka, pihaknya juga menyita barang bukti. Di antaranya sepeda motor Yamaha Mio sebagai sarana. Genset merek Yamamax, tutup genset, tali karet, tas berisi peralatan listrik, obeng, dan tang. “Untuk kasusnya masih terus kita kembangkan,” pungkas Agus.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai