Jangan Berhenti Sosialisasikan Pancasila

IKUTI WEBINAR: Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief (tiga dari kiri), bersama pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) serius mendengarkan paparan empat pilar MPR RI.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Ketika mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) tidak lagi diajarkan di kelas, bukan berarti sosialisasi Pancasila kepada generasi muda tidak dilanjutkan.

“Justru kita harus semakin bersemangat mengenalkan Pancasila kepada mereka. Tidak saja di sekolah tapi di berbagai kesempatan,” ungkap Wakil Bupati Jember Drs KH Abul Muqit Arief.

Hal itu disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Desa Karangharjo, Kecamatan Silo ini, usai mengikuti webinar empat pilar MPR RI di Pemkab Jember, Kamis (9/7).

Gawe Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (Apkasi) tersebut, disambut baik oleh Wabup Muqit. Hal ini untuk lebih menanamkan rasa kebangsaan kepada anak didik.

“Setelah PMP, P-4 dan BP7 ditiadakan, maka disadari atau tidak karena itu merupakan produk Orde Baru. Seolah-olah kita saat itu kehilangan arah mau dibawa kemana negeri ini,” imbuh alumni Pondok Pesantren Al Amien, Sumenep, Madura tersebut.

Mengenalkan kembali Pancasila terhadap generasi muda, diakui oleh Muqit memiliki tantangan tersendiri. Karena itu butuh terobosan agar Pancasila mudah dipahami oleh generasi sekarang.

“Guru harus bisa menanamkan Pancasila kepada murid sepanjang waktu. Tidak harus memakai cara baku sehingga tidak terkesan monoton dan membosankan,” pungkasnya. (kl)

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Winardyasto
Fotografer: Winardyasto