Tunggu Kepastian Keberangkatan CJH

BELUM PASTI: Jamaah haji asal Jember saat mengikuti ritual ibadah pada 2019 lalu. Kini pada musim haji 2020, keberangkatan calon jamaah masih belum menemui kepastian.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Hingga saat ini, kepastian rencana keberangkatan calon jamaah haji (CJH) belum final. Hal itu menyusul belum adanya pengumuman resmi dari pemerintah pusat yang menegaskan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali Tanah Suci.

IKLAN

Belum adanya kepastian itu membuat Kementerian Agama (Kemenag) tingkat kabupaten belum banyak berbuat. “Saat ini kami masih menunggu pelunasan jamaah dan mereka yang mengajukan penggabungan mahram,” ujar Ahmad Tholabi, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jember.

Dari 1.919 CJH yang berhak melakukan pelunasan, kata Tholabi, dimungkinkan ada penambahan dari calon jamaah yang salah satu keluarganya ketepatan berangkat tahun ini. “Misal, suaminya berangkat tahun ini, istri atau anaknya itu berangkat tahun depan. Itu bisa mengajukan penggabungan mahram. Jadi, dia bisa berangkat dengan istri atau anaknya di tahun ini,” jelasnya.

Meski belum ada kepastian kapan akan berangkat, namun informasinya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Pusat melalui siaran pers kepada awak media, Kamis (7/5) lalu, mengupayakan kepastian penyelenggaraan haji 1441 H/2020 M sudah diumumkan Pemerintah Arab Saudi sebelum 20 Ramadan atau 13 Mei mendatang. Sebab, jika melebihi dari waktu itu, sudah memasuki masa libur musim panas dan dikhawatirkan persiapan operasional haji semakin mepet.

Sementara itu, CJH di Jember saat ini, diperkirakan sudah sekitar 80 persen yang telah melakukan pelunasan. Tholabi menegaskan, sekalipun belum keluar pengumuman lanjutan dari pemerintah pusat, tapi Kemenag di tiap daerah telah melakukan segala persiapan, tak terkecuali persiapan di Kemenag Jember sendiri.

“Apakah mereka jadi berangkat apa tidak, nanti tunggu perkembangan pelunasan haji,” sambungnya. Jika mengikuti jadwal pada rencana perjalanan haji tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan haji 2020, kemungkinannya keberangkatan CJH Jember akan dilaksanakan pada 10-15 Juli.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih