Miliki Lumbung Pangan, Kampung Tangguh Jubung Bisa Jadi Percontohan

SIAP HADAPI NEW NORMAL: Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono bersama Camat Sukorambi Bambang Rudianto, meresmikan Kampung Tangguh di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Senin (8/6).

SUKORAMBI.RADARJEMBER.ID- Keberadaan Kampung Tangguh Semeru di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, bisa menjadi inspirasi bagi kampung tangguh lain di Kabupaten Jember. Apalagi di kampung itu memiliki lumbung pangan sebagai tempat pendistribusian bantuan untuk warga terdampak Covid-19.

IKLAN

“Kampung Tangguh ini berada di kawasan Perumahan Kodim (Perumdim) Jubung. Warga di sini kompak melawan korona dan itu dibuktikan lewat pendirian Kampung Tangguh,” ungkap Bambang Rudianto, Camat Sukorambi.

Kepala Desa Jubung Bhisma Perdana memaparkan, warga di perumahan itu sadar betul bahwa pencegahan dan penanggulangan Covid-19 tidak semata merupakan tanggung jawab pemerintah. Tapi juga perlu keterlibatan masyarakat.

“Kami mengembangkan tiga hal di Kampung Tangguh ini untuk memutus mata rantai persebaran virus korona. Seperti melakukan sosialisasi, deteksi dini dan bersatu menghadapi Covid-19,” terang alumni Fakultas Hukum Universitas Jember itu.

Menurut Bhisma, berkat tiga hal itu penghuni Perumdim Jubung bisa melakukan aktivitas keseharian seperti biasa. Sehingga warga sudah siap ketika menghadapi new normal. Karena mereka tidak menganggap korona sebagai momok.

Perlu diketahui, Kampung Tangguh Semeru diresmikan oleh Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono, Senin (8/6). Aris berkesempatan berkeliling di Kampung Tangguh tersebut. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih