Tips Menitipkan Hewan Piaraan saat Libur Lebaran

Jangan Asal Pilih Tempat Penitipan Hewan

HARUS SELEKTIF: Selama libur Lebaran pemilik hewan piaraan disarankan lebih selektif memilih tempat penitipan hewan. Sebab jika tidak, hewan yang sebelumnya sehat bisa saja tertular penyakit dari hewan piaraan lain yang dititipkan di tempat tersebut

RADARJEMBER. ID- Bagi penggemar hewan piaraan, momen libur Lebaran seperti saat ini, menjadi problem tersendiri. Karena saat ditinggal mudik, piaraan mereka memerlukan penangangan khusus. Sehingga para pemilik ramai-ramai menitipkan ke tempat penitipan hewan.

IKLAN

Namun, para pemilik tetap harus jeli memilih tempat penitipan hewan. Karena, tak semua tempat penitipan memiliki kemampuan merawat dengan baik, termasuk mengenali gejala penyakit pada hewan. “Cacingan sama berkutu sering terjadi di beberapa hewan peliharaan,” ujar Arif, salah satu karyawan tempat penitipan hewan di daerah Jalan Mastrip Jember.

Jika tidak ingin tertular hewan lain saat dipenitipan, lanjut Arif, sebelum dititipkan harus diberi obat anti cacing dan kutu. Tapi, dia menyarankan, pemilik hewan berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai obat yang cocok untuk piaraan mereka.

“Setidaknya carilah tempat penitipan yang sekalian ada praktek dokter hewannya. Atau di tempat yang sudah mendapat sertifikasi,” paparnya.

Menurut dia, pemilihan tempat penitipan yang asal-asalan bisa berdampak buruk pada hewan kesayangan. Sehingga jangan sampai, pasca libur Lebaran para pemilik justru pusing. “Karena biasanya, kalau masa liburan sudah habis, banyak pemilik hewan yang membeli obat dan vaksin kucing dan anjing,” tuturnya.

Hal itu, kata Arif, karena pemilik asal-asalan menitipkan hewan mereka. Dampaknya, hewan mereka tertular penyakit hewan lain yang dititipkan di tempat tersebut. “Beberapa kasus memang terjadi. Biasanya karena penularan dari hewan lain. Jadi harus lebih selektif,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih