Ingatkan Pengendara agar Bermasker

SIDAK: Camat Ambulu Sutarman bersama anggota Polsek Ambulu dan Koramil Ambulu melaksanakan inspeksi mendadak kepada para pengendara yang tak memakai masker di lampu lalu lintas Kecamatan Ambulu, awal pekan lalu (4/5).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kesadaran masyarakat Jember terkait dengan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-2019) memang belum sepenuhnya baik. Sebab, masih banyak warga yang tak acuh dengan keamanan diri sendiri. Salah satunya adalah para warga yang melintasi lampu lalu lintas Ambulu.

IKLAN

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Jember, banyak pengendara yang tidak memakai masker saat bepergian. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya, mengingat pandemi Covid-19 masih merebak di Kabupaten Jember. Dengan demikian, masih ada kemungkinan bahwa virus itu bisa menyebar di tempat-tempat keramaian. “Kami menjumpai banyak warga yang tak memakai masker,” tutur Camat Ambulu Sutarman. Mulai pejalan kaki, pemotor, hingga tukang becak.

Ketika ditanya, berbagai alasan pun dilontarkan. “Ada yang katanya kelupaan, ada yang bilang cuma punya satu dan masih dicuci,” ungkapnya. Bahkan, ada yang tidak memiliki masker. “Untungya, kami menyediakan beberapa masker sebelum berangkat, yakni sekitar 425 masker,” imbuhnya.

Dirinya sengaja turun ke jalan untuk mengingatkan sembari mengedukasi masyarakat. Apalagi pandemi Covid-19 belum berakhir. “Jadi, kewaspadaan masyarakat mesti ditingkatkan,” sambungnya. Sebab, kalau tidak berhati-hati, orang lain bisa menjadi korban.

Dirinya juga mengimbau bahwa masker bukan satu-satunya alat yang harus dimiliki untuk mencegah virus. “Kalau tidak ada masker, bisa menggunakan kain. Asalkan berfungsi untuk menutup mulut dan hidung,” jelasnya. Terlebih, harus rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Selain membagikan masker, pihaknya juga membagikan sekitar 350 botol sabun cair. “Biar mereka pulang langsung cuci tangan,” ucapnya.

Terlebih, para pengendara juga diingatkan untuk mengenakan helm jika bepergian. “Soalnya, banyak yang tak pakai helm. Jadi, kami ingatkan mereka supaya menjaga kesehatan dan keselamatan saat berkendara,” tandasnya.

Reporter : mg1

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti