Hasil Sidak Pasar Tim Satgas Pangan Jember

Selama Ramadan Harga Pangan Dijamin Stabil

SIDAK PASAR: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember menjamin ketersediaan pangan mencukupi dan harga stabil pada Ramadan dan Idul Fitri Tahun ini.

RADARJEMBER.ID- Satgas Pangan Kabupaten Jember, menjamin ketersediaan pangan di kabupaten setempat mencukupi. Bahkan, Satgas Pangan juga memastikan tak akan terjadi lonjakan harga selama bulan Ramadan 144O H dan Idul Fitri nanti.

IKLAN

Hal itu dikatakan Kasi Ketersediaan Pangan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember Muhammad Mui, usai menggelar sidak di empat pasar tradisional seperti Pasar Tanjung, Pasar Kreongan, Pasar Mangli dan Pasar Bungur, Rabu (8/9).

“Masyarakat Jember tidak perlu resah, karena ketersediaan pangan untuk bulan Ramadan dan Idul Fitri nanti mencukupi dan harga stabil,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Mui, harga bawang putih di Kabupaten Jember mengalami kenaikan, bahkan sehari menjelang Ramadan harganya tembus Rp 60 ribu per Kg. Namun hal itu bisa diatasi, setelah pemerintah pusat, melakukan droping bawang putih ke seluruh Indonesia, termasuk di berbagai kabupaten di Jawa Timur, seperti Kabupaten Jember, Bondowoso Banyuwangi, Situbondo dan Lumajang.

“Droping bawang putih dari Kementrian Perdagangan dilakukan di empat pasar di Kabupaten Jember. Di antaranya Pasar Tanjung, Pasar Mangli, Pasar Kreongan dan Pasar Wirolegi,” paparnya.

Menurut dia, harga bawang putih tersebut dijual oleh pedagang Rp 20 ribu per Kg sesuai harga dari Kementrian Perdagangan. Kabupaten Jember sendiri mendapat droping bawang putih 4 ton. “Karena itu, masyarakat diharapkan tidak melakukan aksi borong bawang putih,” imbaunya.

Dia menambahkan, beberapa komoditi pangan seperti gula pasir mengalami sedikit kenaikan kisaran Rp 500 per Kg. Selain itu harga bawang merah naik Rp 500 sampai Rp 1.000 per Kg. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih