Refleksi di Tengah Wabah Covid-19

Jadikan Momentum Tingkatkan Keimanan

EVALUASI DIRI: Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhar Jember KH Hamid Hasbullah, mengimbau warga untuk mengoreksi diri di tengah wabah Covid-19.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Virus korona (Covid-19) menjadi ancaman kesehatan umat manusia. Karena penularannya begitu cepat. Pemerintah telah berupaya mencegah penularan virus mematikan tersebut. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

IKLAN

Melihat kondisi tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhar, Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, KH Hamid Hasbullah mengimbau, warga Jember untuk tetap tenang dan waspada. “Saat ini kita dihantui oleh virus Covid-19. Semua orang cemas dan gelisah. Gara-gara virus ini semua aspek kehidupan terganggu,” katanya.

Dikatakan, ketika serangan wabah Covid-19 meluas, manusia harus menginstropeksi diri. Kenapa Allah menurunkan virus ini kepada manusia? “Sebagai umat Islam marilah kita merenung sebentar terkait virus tersebut. Tidak menutup kemungkinan semua ini akibat ulah manusia yang suka melakukan kesalahan dan dosa. Karena itu segeralah bertaubat,” ujar Ketua Pembina Ahlak Islamiyah (PAI) Kabupaten Jember itu.

Di bagian lain, Pengasuh Pondok Pesantren Al Qodiri, Gebang, Kecamatan Patrang, KH Achmad Muzakki Syah menegaskan, wabah Covid-19 harus menjadi pemicu umat Islam untuk meningkatkan keimanan. “Mari kita tingkatkan terus ibadah dan keimanan agar terselamatkan dari virus itu,” ajaknya. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih