Pelukis Jalanan Ciptakan Maskot Pilkada Jember 2020

PENCIPTA MASKOT: Sony Hidayat, peraih juara pertama lomba pembuatan logo Pilkada Jember 2020.

SUMBERSARI.RADARJEMBER.ID- Sosok Sony Hidayat, pelukis jalanan yang biasa mangkal di depan Gedung DPRD Jember, tiba-tiba naik ke atas panggung saat launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember, Sabtu (7/3).

IKLAN

Bapak empat anak itu terlihat berbunga-bunga saat menerima ucapan selamat dari Arief Budiman, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Dia berhasil menciptakan maskot Pilkada Jember 2020. Lomba itu sendiri dilaksanakan oleh KPU Jember.

“Saya tidak ada keinginan untuk menjadi juara, apalagi juara pertama. Lomba itu sendiri dilaksanakan Oktober 2019 lalu, dan baru diumumkan akhir Desember,” tutur warga Gladak Pakem, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari ini.

Dia menceritakan, dalam lomba maskot tersebut, KPU Jember menetapkan beberapa kriteria seperti desain maskot harus memiliki makna filosofi yang bersumber dari kearifan lokal. Maskot bikinan Sony itu berbentuk botol tinta pemilu. Maskot itu dia beri nama Si Luber. “Singkatan dari langsung umum bebas dan rahasia. Sesuai asas pemilu,” katanya.

Karena terbiasa melukis, seniman lukis foto itu membutuhkan proses waktu tak lebih dari tiga hari. “Tingkat kesulitan itu terletak pada tema lomba yakni kearifan lokal. Karena maskot itu nantinya akan diwujudkan dalam bentuk boneka oleh KPUD Jember,” ucapnya.

Di balik kemenangan itu, ada kisah menarik dari sosok pelukis jalanan tersebut.Ketika ia merantau di Banyuwangi tahun 2010 lalu, Sony menceritakan, ada seseorang yang memesan logo bergambar paku sebagai alat mencoblos untuk pemilu. Rupanya, logo itu dipakai sebagai logo Pilkada Kabupaten Banyuwangi. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih