Arief Budiman: Berbagai Negara Meniru Pemilu Indonesia

LAUNCHING PILKADA: Arief Budiman Ketua KPU Pusat (kanan) bersama Komisioner KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro (kiri), saat launching Pilkada Jember. Dia berharap masyarakat ikut menyukseskan penyelenggaraan pilkada.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) atau pesta demokrasi di Indonesia, baik itu pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg), pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan kepala daerah (pilkada), diklaim semakin membaik setiap kali digelar.

IKLAN

“Sungguh sangat menggembirakan kualitas pemilu kita ini terus meningkat. Bahkan berbagai negara di dunia sengaja datang ke Indonesia untuk meniru penyelenggaraan pemilu,” terang Arief Budiman, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Ketika melakukan launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember, Sabtu (7/3), orang nomor satu di KPU itu berharap agar warga Jember mendatangi tempat pemungutan suara (TPS), ketika Pilkada pada September 2020 mendatang.
“Pilkada Jember tinggal beberapa bulan lagi diselenggarakan. Karena itu salurkan hak suara anda untuk memilih pemimpin Jember sesuai pilihan anda,” serunya.

Arief menambahkan, setiap warga negara yang telah berusia tujuh belas tahun memiliki hak pilih untuk mengikuti pemilu. “Kalau nama kalian belum terdaftar di daftar pemilih, maka silakan datang ke kantor KPU di daerah masing-masing tempat pemilu itu dilangsungkan. Atau bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih melalui online,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Muhammad Syai’in, Ketua KPUD Kabupaten Jember. Dia juga berharap pilkada di Kabupaten Jember bisa berjalan lancar dan tingkat partisipasi masyarakat meningkat. “Jangan golput. Karena Pilkada Jember ini bakal menentukan nasib kita selama lima tahun ke depan. Karena itu saat perhelatan pilkada, mari ramai-ramai ke TPS,” ajaknya. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih