Tanam 1.000 Cemara di JLS

REBOISASI JALAN: Kapolsek Puger AKP Ribut Budiono, Kades Mojosari Hj Suparti, dan anggota Koramil saat melakukan penanaman pohon jenis cemara, kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Mumpung musim hujan, pemerintahan Desa Mojosari melakukan reboisasi. Mereka menggandeng Pemerintah Kecamatan Puger bersama Polri, TNI serta karang taruna. Aksinya, melakukan penanaman 1.000 pohon. Lokasi penanaman di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS), Selasa (7/1) pagi.

IKLAN

Ada ratusan yang ikut dalam penanaman seribu pohon jenis cemara di Jalur Lintas Selatan tersebut. Mulai dari Kepala Desa Mojosari Hj Suparti bersama perangkat, Kapolsek Puger AKP Ribut Budiono bersama anggota, puluhan anggota Karang Taruna Desa Mojosari, serta pelajar.

Sebelum melakukan penanaman pohon, mereka membersihkan sampah yang ada di sepanjang Jalur Lintas Selatan. Setelah sampah dikumpulkan, langsung dibakar di pinggir jalan. ”Penanaman pohon cemara ini untuk pemecah angin ketika terjadi angin kencang dari pantai,” ujar AKP Ribut Budiono, Kapolsek Puger.

Hal ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Mojosari, desa yang banyak terjadi bencana. ”Penanaman ini untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana seperti angin kencang. Karena biasanya angin kencang itu dari arah pantai yang langsung mengarah ke arah permukiman warga,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasi itu semua, maka dilakukan penghijauan. Sebab, pohon cemara masih bisa hidup di pinggir pantai dan tanah berpasir. Apalagi, pohon ini masih bisa bertahan meskipun ada angin dari pantai.

Pihaknya juga meminta kepada warga Desa Mojosari untuk bisa juga memelihara tanaman yang baru ditanam ini. ”Kenapa tanaman cemara yang ditanam, karena cemara ini sangat tahan ketika ada angin, dan sangat mudah untuk hidup. Untuk itu, kami meminta kepada warga untuk bisa membantu menyiram tanaman cemara tersebut,”  kata  Ribut.

Sementara itu, Hj Suparti, Kepala Desa Mojosari, mengucapkan terima kasih kepada pemuda (karang taruna) yang masih peduli dengan lingkungan. ”Dengan penanaman pohon di pinggir jalan sepanjang Jalur Lintas Selatan, setidaknya bisa memecah angin. Sehingga tidak langsung menghantam permukiman warga, khususnya warga Desa Mojosari,” pungkasnya.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono