Bacabup Independen Mulai Muncul

Ambil Username Silon ke KPU

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Jember terus berjalan. Sejumlah partai politik bahkan sudah ada yang memiliki bakal calon untuk digadang-gadang maju merebut kursi Jember 1. Selain bakal calon yang merapat ke partai, ada pula pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati (bacabup-bacawabup) yang mulai serius menempuh jalur perseorangan.

IKLAN

Adanya pasangan bacabup-bacawabup yang menjajaki jalur independen disampaikan Komisioner KPU Jember Ahmad Susanto. Menurutnya, ada bacabup-bacawabup yang secara resmi telah datang ke kantornya untuk melakukan konsultasi terkait persyaratan calon perseorangan.

“Sudah ada satu pasangan bakal calon yang datang dengan mengutus seseorang. Pasangan bakal calon ini konsultasi tentang syarat-syarat calon perseorangan. Seperti jumlah minimal dukungan yang dikumpulkan dan sebagainya,” kata Ahmad Susanto.

Ditambahkannya, keseriusan bakal calon yang mengirim utusannya itu yakni sudah mendapat username untuk pengisian Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Username itu nanti berguna untuk mengisi data pendukung terhadap bacabup-bacawabup yang maju.

“Secara resmi, pasangan ini sudah mendapat username. Karena dukungan warga itu nanti harus dimasukkan ke dalam Silon untuk pencocokan. Jadi, berkas dukungan yang harus diserahkan ada dua, yaitu hardcopy dan softcopy,” jelasnya. Hanya saja, Susanto enggan membeberkan siapa nama pasangan bacabup-bacawabup tersebut.

Pria yang membidangi divisi teknis di KPU Jember itu menyebut, semua warga memiliki kesempatan yang sama untuk maju dalam Pilkada Jember 2020. Namun demikian, persyaratannya harus dipenuhi untuk bisa menjadi calon. Apakah itu syarat dari jalur partai politik atau syarat dari calon perseorangan.

Sementara itu, Ketua KPU Jember Moch Syai’in menegaskan, syarat untuk calon perseorangan yakni minimal harus mengumpulkan 121.127 surat dukungan disertai dengan fotokopi KTP-el. “Verifikasi terhadap data dukungan calon perseorangan akan dilakukan satu per satu. Sehingga, benar-benar valid, apakah bakal calon itu memenuhi syarat atau tidak,” urainya.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih