Kuatkan Modal Sosial Atasi Dampak Covid-19

SALING BERBAGI: Muspika Kaliwates bersama developer perumahan membagikan paket sembako ke warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, di Lingkungan Gumuk Bagong, Kaliwates, kemarin (5/5).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kesadaran membantu sesama di tengah pandemi korona terus tumbuh. Pemerintah dan swasta saling bersinergi untuk meringankan dampak sosial-ekonomi akibat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sikap filantropi ini menjadi modal sosial agar masyarakat yang terdampak bisa keluar dari situasi sulit akibat wabah tersebut.

IKLAN

Sore itu, para Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kaliwates bersama developer perumahan mulai blusukan ke rumah-rumah warga di Lingkungan Gumuk Bagong, Tegalbesar. Perkampungan yang banyak penghuni pekerja harian lepas. Mereka menyasar para sopir, pedagang, hingga tukang becak yang tinggal di kawasan itu.

Ridwan, tukang becak setempat, mengaku senang karena mendapat perhatian. Sebab, sejak korona melanda, pendapatannya turun drastis karena sedikit sekali warga yang memakai jasanya. “Biasanya sehari itu pulang bawa uang Rp 50-60 ribu. Sekarang hanya Rp 10 ribu, itu pun kalau ada,” tuturnya.

Sementara itu, Martha Yudistya Perdana, salah seorang pengembang perumahan di Tegalbesar, mengatakan, dampak virus korona cukup dirasakan masyarakat Jember. Apalagi, bagi mereka yang menggantungkan dari pekerjaan harian. Karena itu, kata dia, sikap tolong-menolong ini menjadi kunci untuk membantu mereka yang terdampak wabah.

“Sejatinya, membantu mereka yang terdampak korona juga membantu kami juga. Sebab, mereka akan bisa menerapkan kebijakan di rumah saja untuk mengurangi potensi penularan Covid-19,” ujar Dana, yang saat itu terlibat dalam aksi sosial tersebut.

Dana mengungkapkan, pemberian paket sembako tersebut dilakukan dengan cara door to door ke 150 kepala keluarga. Hal tersebut dilakukan agar warga yang diberi sembako tidak berkumpul di satu tempat, sehingga menimbulkan kerumunan masa. “Kami ingin meringankan beban. Kami harap bisa membantu. Semoga wabah ini cepat berakhir agar masyarakat bisa bangkit kembali,” harapnya.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih