SMA Bima Juara Futsal Kapolres Cup, Kalahkan SMAN 4 Jember, 5-3

Muchammad Ainul Budi/ Radar Jember TIM JUARA: Tim futsal SMA Bima Ambulu berhasil menjadi juara turnamen Futsal Kapolres Jember Cup 2018.

RADARJEMBER.ID-Setelah melalui pertarungan yang sengit, tim futsal SMA Bima Ambulu akhirnya berhasil menjuarai turnamen Futsal Kapolres Jember Cup 2018. Bertemu tim futsal SMAN 4 Jember di babak final, kedua tim saling menyerang sejak awal babak pertama.

IKLAN

Sebenarnya, SMA Bima Ambulu sudah memimpin sejak awal laga. Mereka berhasil mengakhiri babak pertama dengan keunggulan skor 4-1 atas SMAN 4 Jember. Di babak kedua, SMAN 4 Jember yang tertinggal, memberikan  perlawanan lebih maksimal dan berhasil memperkecil ketertinggalan melalui dua gol tambahan. Namun SMA Bima Ambulu tetap memastikan kemenangan dengan skor akhir 5-3.

“Saya instruksikan anak-anak untuk menekan dari depan, sehingga kita full press sejak awal bermain,” tutur Ferry Anggriawan, pelatih tim futsal SMA Bima Ambulu, saat dimintai komentar tentang strategi bermainnya.

Selain itu, sepanjang laga SMA Bima Ambulu nampak benar-benar memaksimalkan rotasi pemain. Beberapa lini juga cukup efektif untuk membatasi tim lawan mengembangkan permainan. Beberapa gol ataupun peluang dari SMA Bima Ambulu tercipta dari mengandalkan bola-bola mati.

Ketatnya pertahanan SMAN 4 Jember, diakui oleh kapten tim futsal SMA Bima Ambulu, Fachrul Rohman Roziqin. “Di babak kedua, makin sengit permainan mereka. Kita sempat kesulitan menembus pertahanan mereka, tapi kita pakai strategi tembok dan mengoptimalkan pergantian pemain,” tutur pelajar kelas XI asal Bedengan, Ambulu ini.

Sedangkan pelatih tim futsal SMAN 4 Jember, Andika Fence menyebut, kekalahan anak asuhnya di babak final tidak lepas dari masalah mental. “Kurang jam terbang, jadi agak grogi. Kalau soal skill dan keterampilan, saya kira hampir sama,” tutur Fence.

Salah satu penyebab utama kekalahan SMAN 4 Jember antara lain kecolongan beberapa gol di babak pertama. Sebenarnya di babak kedua, SMAN 4 Jember sudah berupaya mengejar ketertinggalan. “Finishing touch kurang. Selain itu, kebugaran fisik pemain kami memang masih di bawah SMA Bima Ambulu,” jelas guru olahraga SMAN 4 Jember ini.

Dalam turnamen Futsal Kapolres Jember Cup 2018 ini, SMAN 1 Kencong menduduki peringkat 3 dalam level Gelar pemain terbaik diberikan untuk Abdul Aziz (SMK 3 Jember) dan top scorer untuk Budi (SMK Waliso) dengan torehan 9 gol.

Adapun untuk level SMP, juara 1 diraih oleh SMPN 1 Kalisat. Berikutnya, juara dua dan tiga masing-masing diduduki oleh SMPN 7 dan SMPN 12 Jember. Pencetak gol terbanyak (top scorer) diraih oleh Mahtun dari MTsN 6 Jember dengan torehan 12 gol. Adapun gelar pemain terbaik tingkat SMP diberikan kepada Zakaria dari SMPN 7 Jember.

Sedangkan untuk kategori umum, juara 1 hingga juara 3 secara berturut-turut diraih oleh tim futsal Satlantas; ISIS FC dan Tango FC. Singgih (ISIS FC) dan Tongky (Satlantas), masing-masing meraih gelar pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik.

Reporter : Adi Faizin, mg1
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :