Siswa SD Ikut Curi Motor

Tertangkap Warga setelah Sembunyi dalam Parit

BARANG BUKTI  CURIAN: Sepeda motor Yamaha Yupiter Z milik Adi Hariyanto, warga Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji dibawa ke Polsek Rambipuji guna penyidikan. Sementara tersangka MS yang notabene masih SD, diperiksa oleh polisi, meski tidak dilakukan penahanan.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tragis. Anak sekolah dasar (SD) berinisial MS harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, siswa yang tinggal di Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, itu sudah berani mencuri sepeda motor.

IKLAN

Ironisnya, aksi jahat itu tepergok warga sekitar. MS yang masih kecil tak bisa kabur melarikan diri. Sementara kawannya yang berinisial RS berhasil meloloskan diri. Kini, oleh aparat kepolisian, kawannya itu masuk DPO (daftar pencarian orang).

Keterangan yang dihimpun di Polsek Rambipuji menyebutkan, aksi kejahatan itu bermula ketika MS bersama temannya berniat mencuri sebuah sepeda motor. Dengan  mengendarai Honda Supra, keduanya mencari sasaran motor yang ditinggal pemiliknya.

Setelah berputar-putar di kawasan Rambipuji untuk mencari sasaran, pelaku mengetahui ada sebuah motor yang diparkir di teras rumah. Motor itu milik Adi Hariyanto, 42, warga Dusun Jereng Timur RT 001/RW 007, Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji.

”Sebelum tertangkap massa, pelaku masuk ke rumah korban setelah mengetahui motor Yamaha Yupiter P 6682 ZY diparkir sembarangan,” kata AKP Hari Pamuji, Kapolsek Rambipuji.

Menurutnya, kedua pelaku langsung masuk menuju motor yang tidak dikunci setir dengan cara didorong. ”Mungkin mereka melihat itu sasaran empuk. Sehingga tahu ada motor tersebut langsung berhenti untuk mencurinya,” lanjut kapolsek.

Namun, saat mendorong motor dari teras menuju ke jalan umum, seorang warga sekitar yang kebetulan melintas langsung memergokinya. Pelaku yang masih ‘amatir’ panik. Sehingga motor itu langsung dirobohkan begitu saja. Inilah yang membuat warga semakin curiga. Dan akhirnya mengejar pelaku hingga salah satu pelaku tertangkap.

AKP Hari Pamuji menyebut, RS lolos dari kejaran warga karena naik motor yang digunakan untuk mencuri tersebut. “Saat melihat sepeda motor korban, tersangka yang masih SD ini (dibonceng) turun dan mengambil motor korban. Ketika kepergok warga, tersangka  langsung meninggalkan sepeda motor hasil curiannya. Kemudian dia ditangkap setelah sembunyi di dalam parit.

MS yang masih duduk di bangku SD  pun dibawa ke polsek  bersama barang buktinya. Akibat perbuatannya, MS terancam dengan pasal 363 KUHP ayat 1 ke 3 dan 4 KUHP. Sementara RS masih diburu polisi. ”Karena pelaku masih di bawah umur, pihak Polsek Rambipuji tidak melakukan penahanan,” pungkas mantan Kasatpol Air Polres Jember di Puger itu.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono