Optimistis Badai Korona Pasti Berlalu

TANGGAP COVID-19: Sejumlah warga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan sekitar Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatam Ambulu, Minggu (5/4) kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dari hari ke hari, kesadaran warga untuk tanggap Covid-19 tampaknya mulai terbangun. Di sejumlah titik lokasi mulai rutin dilakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker serta hand sanitizer, dan lain-lain. Mereka seolah tak sabar, berharap Covid-19 bisa segera teratasi dan tidak lagi menghantui masyarakat.

IKLAN

Bahkan, beberapa warga yang tergabung dalam relawan Covid-19 hampir tiap hari melakukan penyemprotan. Tak sampai di situ, mereka juga mengedukasi masyarakat di sekitarnya agar semakin rajin membudayakan hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Aksi kemanusiaan itu salah satunya datang dari komunitas nelayan di pantai selatan, yaitu Laskar Segoro Kidul. Mereka iuran secara mandiri untuk bisa melakukan penyemprotan dan kegiatan sosial lainnya. “Kita sisir daerah masjid, musala, pasar, serta area wisata yang ada di Watu Ulo dan sekitarnya,” kata Suparto, koordinator relawan sekaligus Ketua Paguyuban Laskar Segoro Kidul, Desa Sumberejo, Ambulu.

Dalam aksinya, mereka juga mengampanyekan budaya hidup sehat. Tak mudah mengajak masyarakat daerah pesisir agar bisa responsif soal Covid-19. Namun, para relawan meyakini, agenda yang dikemas sederhana itu bisa membangun kesadaran warga sekitar untuk mulai membudayakan hidup sehat.

Mereka juga optimistis, kesadaran warga yang makin terbangun itu bisa membuat pandemi Covid-19 akan segera berlalu. Apalagi, saat menyambut bulan suci Ramadan nanti, segala pernak-pernik Ramadan sulit dilakukan jika tidak melibatkan orang banyak. “Yang penting kita tidak panik berlebihan, tetap jaga diri dan jaga orang terdekat kita,” pungkasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti