Garong Truk Parkir di Jalan

Pelaku Curi Terpal dan Dongkrak

SANTAI SEKALI: Tersangka Edika Pratama, 30, dimintai keterangan oleh penyidik di ruang Reskrim Polsek Sumberbaru. Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, pemuda itu cukup santai. Dia terlihat bersedekap sembari menyilangkan kaki. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tak ada rotan, akar pun jadi. Mungkin pepatah inilah yang dipakai oleh Edika Pratama. Sebab, pemuda 30 tahun ini bukannya mencuri barang berharga, tapi justru mengambil terpal dan dongkrak di sebuah truk yang terparkir di jalan. Akibat perbuatannya itu, kini warga Dusun Gondosari, Rowotengah, Sumberbaru, tersebut harus berurusan dengan polisi.

IKLAN

Menurut sang sopir truk, Soni Irama, aksi pencurian itu baru diketahui setelah dirinya mengecek perlengkapan truk. Sebab, saat kejadian, dirinya harus mengirim semen ke kawasan kota Jember. Namun, sebelum berangkat pemuda 27 tahun ini pulang sebentar dan memarkir kendaraannya di pinggir jalan raya jurusan Jember-Lumajang. Tepatnya di Dusun Sadengan, Desa Rowotengah.

Namun, ketika akan berangkat, dirinya curiga karena ada yang tak beres dengan kendaraannya tersebut. Setelah diperiksa, ternyata tiga terpal yang biasanya dipakai penutup bak truk telah lenyap. Bahkan, sebuah dongkrak dan delapan safety belt juga turut raib. “Saya setiap hari memarkir truk di situ. Tapi baru kali ini ada yang hilang,” katanya kepada petugas kepolisian.

Peristiwa yang terjadi akhir pekan kemarin ini kemudian dilaporkan ke Polsek Sumberbaru. Polisi yang mendapat laporan segera menyelidiki. Berbekal keterangan sopir dan beberapa bukti di lokasi peristiwa, polisi berhasil membekuk pelaku. Ternyata, pelaku merupakan tetangga korban yang masih tinggal satu kampung di Dusun Gondosari.

Menurut Kanitreskrim Polsek Sumberbaru Apitu Susanto, safety belt dan dongkrak itu diambil oleh pelaku dari kotak penyimpanan. Pelaku mengambil barang tersebut dengan cara merusak gembok. “Akibat pencurian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp 4,5 juta,” ungkapnya.

Saat ini, pelaku bersama barang bukti telah diamankan di mapolsek setempat. Pemuda yang kini ditetapkan sebagai tersangka itu masih menjalani pemeriksaan intensif. Polisi menahannya di Polsek Sumberbaru karena khawatir berusaha melarikan diri atau menghilangkan barang bukti. Jika terbukti, tersangka dijerat dengan pasal pencurian yang ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih