Kirim Atlet untuk Turnamen Daring

Bridge Jember Ikut Kejuaraan Piala Gubernur Jatim

SEKARANG MAIN VIRTUAL: Salah satu atlet bridge ketika bermain offline sebelum pandemi Covid-19 dalam kejuaraan yang digelar di Jember. Kini mereka mengikuti kejuaraan resmi secara daring.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pengkab Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Jember turut berpartisipasi dalam kejuaraan bridge Piala Gubernur Jawa Timur 2020 ini. Total ada sembilan atlet yang bakal diikutsertakan dalam turnamen yang diselenggarakan secara daring tersebut.

IKLAN

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, para atlet bridge se-Jawa Timur, termasuk Jember, rupanya masih antusias mengikuti turnamen daring ini. Kejuaraan kali ini berlangsung selama 27 hari, sejak tanggal 3 Juni hingga 30 Juni mendatang.

Meskipun digelar secara daring, jumlah pesertanya cukup membludak. Total 277 atlet yang tergabung dalam 52 regu dari 16 kabupaten/kota serta tiga Perguruan Tinggi (PT) di Jawa Timur.

Ketua GABSI Jember Kukuh Wibisono menuturkan, pihaknya hanya menerjunkan sembilan atlet saja. “Di antaranya untuk kategori sekolah dasar KU-12 tahun dua regu, kemudian SMP KU-15 tahun dua regu. Begitu juga untuk kategori KU-18 tahun kami turun dengan dua regu dan KU-21 tahun diwakili oleh Universitas Jember,” terang Kukuh.

Mengenai target dalam kejuaraan ini, Kukuh mengaku hanya memanfaatkannya sebagai ajang pemanasan dan menambah pengalaman bertanding serta jam terbang para atlet. “Khususnya atlet Jember yang turun di KU-18 dan 21 tahun, karena kami siapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2021 mendatang,” imbuh Kukuh.

Para atlet yang mengikuti kejuaraan ini akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur dan Piala Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim. Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Timur bersama GABSI Jatim berinisiatif mengadakan turnamen tersebut di saat vakum karena pandemi virus korona. Event tersebut menjadi turnamen terbesar di Indonesia untuk kategori bridge secara daring. Panitia berharap event ini dapat membuat masyarakat lebih produktif di tengah pandemi Covid-19. Khususnya para atlet muda bridge.

Turnamen ini mempertandingkan kategori umum dan pelajar. Untuk umum terbagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok usia (KU) bebas, junior KU-25, dan junior ku-21. Sedangkan untuk kategori pelajar, terdiri atas kelompok sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti