Sampah Berserakan di Sekitar TPI

JADI KUMUH: tumpukan sampah di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger sangat merusak pemandangan mata.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Warga masih kurang sadar membuang sampah. Hal paling mencolok terlihat di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger. Padahal, di TPI sudah disiapkan tempat untuk membuang sampah.

Sekitar dua minggu lalu, lokasi itu memang masih terlihat bersih. Namun, tak sampai bertahan lama, TPI sudah berubah menjadi jadi tempat pembuangan sampah. Sehingga sampah menumpuk di sekitar dermaga.

“Seharusnya, warga atau pedagang ikan yang membuang sampah plastik dibuang ditempat yang sudah disiapkan. Sehingga tidak membuang sampah di sekitar TPI atau dermaga. Dengan banyaknya sampah, rumah tangga dan sampah TPI yang dibuang sangat terlihat kumuh,” kata Abdul Rahman, 50, warga Kasiyan, Puger.

Apalagi, bangunan TPI sekarang terlihat megah jika dilihat dari jauh. “Tetapi ketika banyak pengunjung yang datang ke TPI dan jalan-jalan di dermaga seperti kumuh. Karena sampah menumpuk,” lanjutnya. Dia berharap, warga dan pedagang ikut menjaga kebersihan.

Bahkan, kadang terlihat sampah plastik bekas es batu untuk mengawetkan ikan dibuang seenaknya. “Kalau misalnya pedagang ikan yang menggunakan sepeda motor ikut jaga kebersihan, seharusnya plastik itu dimasukkan ke tas kresek, lalu dibuang ke tempat sampah,” jelasnya.

Dengan kondisi seperti itu, dia mengaku mulai malas jalan-jalan ke dermaga. “Coba lihat, di pinggir TPI sudah banyak sampah berserakan. Seharus warga atau pedagang ikut menjaga kebersihan, sehingga TPI tetap terlihat bagus. Eman-eman dengan pembangunan yang menghabiskan biaya banyak,” lanjutnya.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai