Rutin Dicek, Bila Sewaktu-waktu Jalan

PERAWATAN REL: Beberapa petugas PT. KAI melakukan perawatan rel kereta. Ini antisipasi apabila sewaktu-waktu kereta api di wilayah Daop 9 Jember mendapat izin untuk kembali jalan. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Berkurangnya kereta api (KA) yang melintas di jalur KA wilayah Daop 9 Jember, dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas perawatan jalur. Dalam kondisi normal, kegiatan perawatan jalur KA harus dilakukan secara cepat. Karena padatnya KA yang melintas, total ada 12 KA yang melintas di wilayah Daop 9 Jember sebelum masa pandemi virus korona.

IKLAN

Namun, sekarang ini 12 KA penumpang itu belum beroperasi kembali. Menyusul kebijakan dari Kementerian Perhubungan atas pencegahan penyebaran virus korona pada moda transportasi umum. Khususnya kereta api.

Perawatan KA yang dilakukan Daop 9 Jember dengan pembersihan sarana kereta. Meliputi perawatan seluruh rel kereta, pencucian interior dan eksterior kereta dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi rutin. Guna mencegah penyebaran virus korona pada kereta api.

Menurut Humas Manajer Daop 9 JemberMahendro Trang Bawono, pihaknya tetap membersihkan gerbong, mengecek kesiapan lokomotif, dan merawat rel secara berkala. “Tetap kami lakukan perawatan rutin yang dilakukan menjaga keandalan operasi kereta. Apabila sewaktu-waktu mendapat izin untuk beroperasi, kami sudah siap semua,” ujar Mahendro kepada Jawa Pos Radar Jember.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Daop 9 Jember masih belum memberi sinyal lampu hijau dibukanya kembali perjalanan KA. Apalagi, pembatalan perjalanan KA di wilayah Daop 9 Jember diperpanjang hingga tanggal 30 Juni mendatang.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan, sewaktu-waktu keputusan itu dapat berubah lagi. “Bisa saja tidak sampai tanggal 30 Juni kereta kembali jalan lagi. Tetapi kami tetap memantau dan melihat perkembangan kondisi yang ada di lapangan,” imbuh Mahendro.

Disisi lain, pihaknya juga sudah menyiapkan prosedur protokol kesehatan apabila kereta api sudah siap beroperasi kembali nantinya. “Salah satu prosedur wajib bagi penumpang adalah memakai faceshield. Baik itu di stasiun maupun diatas kereta api. Setiap tiga jam sekali kami cek suhu tubuh para penumpang,” pungkasnya.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti