Bikin Tarian Unik di tengah Pandemi

PENARI CILIK: Latihan rutin Sanggar Cemara Biru sebelum ada pandemi korona. Kini, mereka harus latihan tari di rumah masing-masing.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tidak ada alasan untuk tidak menghasilkan sebuah karya positif. Meskipun disaat pandemi virus korona seperti yang terjadi sekarang ini. Semangat untuk tetap berkarya melalui media apa pun, menjadi dasar salah satu pegiat seni Jember.

IKLAN

Sanggar tari Cemara Biru milik Fera Nurlaily Idayanti ini misalnya. Sudah hampir dua bulan ini, murid-murid dari sanggar tari yang berada di Kecamatan Patrang ini tidak latihan bersama. Mereka terpaksa libur latihan rutin tiap minggunya. “Ya mau bagaimana lagi, latihan libur dulu gara-gara korona ini,” tutur Fera.

Meski demikian, murid-murid penari muda Cemara Biru tetap semangat menjaga irama tari mereka di rumah masing-masing. Salah satunya, mereka kompak membuat challenge atau tantangan.

Bentuknya adalah menari di rumah masing-masing, sembari direkam video melalui telepon genggamnya. Setelah itu, beberapa video para penari tersebit digabungkan menjadi satu video dengan durasi lebih dari tiga menit. “Sebagian anak-anak membuat challenge menari di rumah,” imbuh Fera.

Uniknya, dalam tarian video tersebut, mereka menari sembari memakai masker. Ayunan tangan mereka, lenggak-lenggoknya pun menyesuaikan irama lagu sembari memeragakan memakai masker.

Menurut Fera, kombinasi menari dan memakai masker tersebut juga sebagai mendukung gerakan pemerintah kepada masyarakat, agar tetap memakai alat pelindung diri. Salah satunya adalah masker.“Karena memang tidak boleh kumpul-kumpul, kami akhirnya membuat video challenge itu. Tetap menjaga kekompakan anak-anak saja,” pungkas Fera.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti