Tergerus Air, Tebing Jalan Longsor

TERANCAM: Dua rumah milik warga di pinggir jalan Dusun Jatikoong, Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, yang terancam ambrol.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Hujan yang masih terus mengguyur wilayah Jember kembali membawa bencana. Kali ini, tebing jalan di Dusun Jatikoong, Desa Jatiroto, Kecamatan Sumberbaru, longsor. Beruntung, peristiwa itu tidak sampai membawa korban. Hanya saja, longsor tersebut mengganggu para pengguna jalan, khususnya pengendara, sehingga harus dilakukan sistem buka tutup.

IKLAN

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo mengungkapkan, sebelum longsor itu terjadi, hujan deras mengguyur kawasan Desa Jatiroto, Rabu (1/4) sekitar pukul 14.30 WIB. “Saking derasnya, selokan yang ada di sisi barat jalan tak bisa menampung air, sehingga air meluap ke jalan utama itu,” ungkap Subagiyo, saat melakukan pengecekan ke lokasi.

Akibat luapan air ditambah guyuran hujan, tebing jalan sepanjang 20 meter dengan lebar lima meter dan kedalaman tujuh meter itu akhirnya longsor. “Luapan air dari selokan serta guyuran hujan menggerus dinding jalan sebelah timur hingga akhirnya longsor. Tapi alhamdulilah, peristiwa ini tidak sampai memakan korban,” lanjutnya.

Namun, dua bangunan milik warga sekitar yang dibuat berjualan dan usaha tempat potong rambut ikut terdampak, meski tak sampai menyeret kedua bangunan. Pascakejadian itu, pihaknya langsung turun ke lokasi dan memasang rambu peringatan. “Kita juga memasang lampu penerangan di lokasi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan muspika dan BPBD untuk penanganan lebih lanjut. “Kita juga meminta kepada perangkat desa untuk menempatkan warga di lokasi, guna mengatur jalan dengan sistem buka tutup,” kata Subagiyo. Meski bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat, untuk sementara kendaraan dengan angkutan berat dilarang lewat.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti