Siapkan Nasi Kotak untuk Masyarakat

Aksi Kemanusiaan dari IAIN Jember

LANGKAH KEMANUSIAAN: Sejumlah relawan dari Satgas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember membagikan nasi kotak kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Kaliwates.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Satgas Pencegahan Covid 19 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jumat (3/4), menggelar aksi kemanusiaan terhadap masyarakat lapisan bawah yang terdampak penyebaran virus korona. Aksi kemanusiaan diwujudkan ke dalam bentuk bagi-bagi nasi kotak kepada pengemudi ojek, tukang becak, pedagang, dan masyarakat yang terdampak secara sosial akibat penyebaran virus tersebut.

IKLAN

“Kita hari ini bagikan 100 kotak nasi di sekitar Kecamatan Kaliwates. Dan Selasa pekan depan juga akan menyisir di kecamatan pinggiran,” ungkap Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember yang juga Wakil Rektor III IAIN Jember, Hefni Zein.

Menurut Hefni, kebijakan pemerintah yang membatasi interaksi sosial di tengah masyarakat berdampak kepada masyarakat khususnya yang berada di lapisan bawah. “Untuk itu, kita bagikan bingkisan, agar setidaknya mengurangi beban mereka yang tidak bisa beraktivitas seperti biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto mengatakan, kegiatan aksi kemanusiaan tersebut akan dilakukan dua kali dalam seminggu. “Ini kita mulai hari Jumat, dan Selasa pekan depan kita juga akan gelar aksi kemanusiaan ini,” terangnya.

Prof Babun menambahkan, IAIN Jember sebagai lembaga pemerintah juga bertanggung jawab dengan kondisi sosial yang dialami masyarakat. “Ini merupakan bentuk kepekaan sosial kami sebagai instansi pemerintah yang juga ikut bertanggung jawab, minimal meringankan beban masyarakat akibat pandemi virus korona ini,” katanya.

Selain berupa bingkisan nasi, lanjut Babun, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa beras kepada 100 kepala keluarga, yang secara sosial terdampak penyebaran virus korona. “Kami juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk bahu-membahu, bergotong royong, dan saling membantu di tengah kondisi sulit seperti sekarang,” tutupnya.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti