Minta KPU-Bawaslu Netral

GAYENG: Suasana pertemuan Komisi A DPRD Jatim, KPU, dan Bawaslu Jember di Kantor KPU Jember, Jalan Kalimantan, kemarin. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sejumlah anggota DPRD Jawa Timur (Jatim) mendatangi kantor KPU Jember, kemarin (3/1). Rombongan komisi A tersebut melakukan monitoring dan koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

IKLAN

Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Istu Hari Subagio menegaskan, KPU dan Bawaslu Jember tidak boleh berpihak pada salah satu pasangan calon dalam pelaksanaan pilkada. Dia menekankan agar bisa memosisikan sebagai lembaga penyelenggara dan pengawas yang netral.

“KPU dan Bawaslu harus berdiri di tengah dan tidak boleh berpihak ke mana pun. KPU dan Bawaslu harus benar-benar memahami dan menjalankan tupoksi pada tahapan Pilkada Jember,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in menyatakan, secara garis besar KPU Jember siap menyelenggarakan Pilkada 2020 yang dihelat pada 23 September nanti. “Mulai dari persiapan anggaran, program kerja, sosialisasi, sampai pada tahap pembentukan tim ad hoc KPU Jember sudah siap,” ucapnya.

Permintaan agar KPU netral pun sudah menjadi bagian dari tugas KPU. Menurutnya, hal itu juga telah diatur dalam undang-undang. “Untuk netralitas, komitmen kami sudah sejak dari awal. Kami akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai peraturan yang ada,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka. Menurutnya, netralitas dalam pilkada sudah menjadi tanggung jawab bersama. Lebih-lebih, Bawaslu bertugas mengawasi jalannya pilkada. “Semua tahapan sampai pilkada selesai kami akan lakukan pengawasan dengan optimal,” tegasnya.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih