Lestarikan Kesenian Tradisional Mahasiswa Bentuk Grub Campursari

CAMPURSARI MAHASISWA: Sebagai generasi muda berstatus mahasiswa tidak melulu berkutat di kegiatan perkuliahan saja, namun mahasiswa Polije ikut terpanggil untuk melestarikan budaya Jawa dengan membentuk grub campursari.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Lantunan tembang Jawa Suwe Ora Jamu membuat suasana kongres pelatihan rias, salon dan tukang cukur Sabtu (28/12) di Aula PB Sudirman bertambah meriah, karena sebelum acara tersebut dimulai, semua peserta dihibur oleh lagu-lagu campursari.

IKLAN

Bahkan dr.Hj Faida,MMR Bupati Jember ikut menyanyikan tembang Jawa tersebut dihadapan ratusan peserta kongres, sontak hal ini membuat suasana aula semakin bergemuruh mengagumi suara orang nomor satu di Kabupaten Jember itu.

Siapa sangka kalau musik campursari itu dimainkan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije), mereka terdiri dari sembilan orang dan menamakan diri Campursari (CS) Laras Jiwa. “CS.Laras Jiwa merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lukis, musik dan tari (LUMUT) Polije dan ini merupakan upaya untuk melestarikan kesenian tradisional khususnya campursari dikalangan generasi muda.”ungkap Deni Nur Hidayatullah, sebagai koordinator CS.Laras Jiwa.

Mahasiswa jurusan peternakan semester akhir Polije itu mengatakan, grub campursari tersebut baru dibentuk awal Nopember tahun 2019 ini. “Walaupun belum lama berdiri namun CS.Laras Jiwa ini pernah tampil diberbagai acara, Seperti di Taman Mini Indonesia Indah bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember tahun 2019.”tegas Deni.

Campursari bentuk mahasiswa Polije ini memiliki ciri khas tersendiri, seperti saat tampil diberbagai kesempatan selalu memakai pakaian adat Jawa. Sementara itu Nur Muhammad Arifin, vokalis CS.Laras Jiwa mengutarakan, selama ini grub tersebut lebih memfokuskan diri kepada tembang Jawa asli dan itu tidak mudah untuk dibawakan. “CS.Laras Jiwa ini identik dengan tembang Jawa lawas dan hal ini sangat diminati oleh warga Jember, bahkan ibu Bupati Jember dr.Hj.Faida,MMR sangat senang sekali dengan lagu-lagu Jawa jadul ini dan merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi CS.Laras Jiwa diundang oleh Pemkab Jember di acara kongres pagi ini” jelas Arifin.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :