Dongrak Nama Desa Melalui Produk Inovasi

PRODUK INOVASI: Di Kecamatan Sukorambi produk lokal saat ini mampu tampil beda, hal ini berkat pengembangan produk inovasi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Disadari mampu melambungkan nama desa, pemerintah Kecamatan Sukorambi terus melakukan inovasi produk lokal.Bahkan Desa Karangpring dan Desa Klungkung di kecamatan tersebut, berhasil meraih penghargaan ditingkat Jawa Timur berkat produk inovasi. “Sangatlah membanggakan karena produk inovasi dari Desa Klungkung dan Desa Karangpring berupa kopi dan mawar bisa memperoleh penghargaan gubernur Jawa Timur, hal ini tidak sekedar mendongkrak nama desa tapi nama Kabupaten Jember pun ikut terangkat,”ungkap Bambang Rudianto, Camat Sukorambi.

IKLAN

Dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) Se Kecamatan Sukorambi terungkap, di Desa Klungkung terdapat hamparan tanaman kopi Arabika kwalitas ekspor apalagi cita rasa kopi lokal itu tidak perlu diragukan lagi. “Kini pemuda Desa Klungkung lebih memilih tinggal di desa untuk mengolah kopi ketimbang mencari pekerjaan di kota, itu terbukti saat ini di desa tersebut mulai bermunculan kafe.”jelas Rudianto.

Sementara itu di Desa Karangpring, bunga mawar sebagai ikon desa tersebut bisa disulap menjadi sirup, nuget, teh, pomade rambut dan es krim. “Bertahun-tahun bunga mawar ini dijual di Pasar Tanjung sebagai bunga penabur makam, sekarang bunga mawar ini bisa dibuat berbagai produk inovasi bernilai ekonomis tinggi.”papar Rita Widariati, Kepala Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :