Petuah Ulama Jadi Jujukan Pertama

HANYA KELUARGA INTI: Angota DPR RI Dapil Jatim IV Charles Meikyansah terpaksa menunda niatannya untuk mudik, termasuk Lebarannya ke Jember sebagai rumah pengabdiannya.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Siapa yang takkepikiran saat berada jauh di kota perantauan meninggalkan tanah kelahiran. Saat momen Lebaran, tentu tak sabar ingin segera mudik ke kampung halaman. Hal itu pula yang dirasakan Charles Meikyansah, mantan jurnalis yang kini melenggang ke Senayan sebagai anggota legislator DPR RI Dapil Jember-Lumajang.

IKLAN

Pria blasteran Sunda dan Minang itu memang lahir di Jakarta. Namun, sejak 1993, ia sudah menapaki Jember sekaligus mengawali karirnya. Dari kuliah di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jember hingga menjadi jurnalis di beberapa media lokal Jember. Seperti di radio, media cetak, hingga televisi.

“Jember adalah rumah kedua saya, rasanya, kurang afdal kalau Lebaran tidak ke Jember. Karena Jember banyak kiai dan guru-guru saya, dan rekan keluarga besar kami,” kata Charles.

Niat mudik ke Jember itu diakuinya sudah sejak lama. Sebab, selama berkarir, dia nyaris tak pernah absen mudik ke Jember. Apalagi sejak terpilih menjadi legislator pada Pemilu 2019 lalu, aktif sebagai anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi NasDem kerap wira-wiri ke Jember.

Namun, sejak korona mewabah, dia juga dihantam badai kerinduan karena tidak bisa menikmati keseruan buka puasa dan sahur bareng di Jember. Sebagai gantinya, dirinya lebih sering menyambung silaturahmi secara virtual atau daring. “Dengan teknologi ini, meskipun jauh di mata, tetapi dekat di hati,” ucapnya.

Selain itu, ayah tiga anak itu tampaknya juga tak ingin menunggu waktu lama. Sebab, dalam beberapa pekan ini, Charles sudah menjadwalkan ke Jember. “Yang pasti agenda pertama jujukan saya ke Jember adalah rumah ulama dan kiai saya. Lalu kerabat dan keluarga besar Charles,” paparnya.

Meskipun dia tidak menyebutkan tanggal dan harinya ke Jember, namun dirinya mengaku sudah membuat jadwal. Agenda pertamanya, mendatangi Kiai Lutfi Ahmad di Jenggawah dan KH Muhyiddin Abdus Shomad,Antirogo. Lalu mendatangi Haji Kamil Gunawan,Kalisat, sebagai orang tua angkatnya. Juga semua keluarga besar Charles yang tersebar di 31 kecamatan. “Termasuk jadwal ketemu rekan jurnalis. Itu pasti,” sahutnya sembari tertawa.

Editor: Lintang Anis Bena Kinanti
Reporter: Maulana
Fotografer: Istimewa