Dewan Minta Blacklist Perusahaan Lelet

Penggarap Proyek 2019 yang Molor

MASIH DIKERJAKAN: Sejumlah pekerja terus menggarap taman di lapangan Desa Mangli, Kecamatan Kaliwates, kemarin (2/1).  

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pergantian tahun telah dilalui bersama. Kendati begitu, pada pekan pertama Januari 2020 ini, masih terdapat sejumlah proyek yang belum tuntas. Salah satunya pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di lapangan Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, kemarin (2/1).

IKLAN

Pekerjaan fisik di Mangli ini merupakan satu di antara sekian proyek pembangunan yang belum tuntas. Ruang terbuka lain yang belum tuntas juga terlihat di lapangan Kecamatan Sumbersari. Di tempat itu sejumlah pekerja masih terlihat menyelesaikan pekerjaan yang tendernya dilelang tahun sebelumnya.

Menyoroti molornya pekerjaan fisik tersebut, Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto menyebut, hal itu terjadi karena tidak profesionalnya perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Menurutnya, pembangunan yang seharusnya selesai 2019 justru molor hingga tahun berikutnya.

“Harus ada tindakan tegas terhadap perusahaan yang tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai kontrak. Apalagi, ini sudah berganti tahun. Masak pekerjaan 2019 masih dikerjakan tahun 2020,” ucapnya.

David pun mengingatkan agar pemerintah benar-benar serius menindak perusahaan yang demikian. Dia mewanti-wanti jangan sampai kasus Pasar Manggisan terulang. “Seharusnya kita berkaca dan belajar pada pengalaman pembangunan fisik tahun lalu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A Tabroni meminta agar perusahaan yang telat menyelesaikan pekerjaannya disanksi tegas. Bukan hanya soal denda, tapi juga dimasukkan dalam daftar hitam atau blacklist. “Perencanaannya dulu bagaimana? Pekerjaan fisik kok sampai 2020 belum selesai. Pekerjaan-pekerjaan yang terlambat, perusahaannya layak di-blacklist,” ucapnya.

Dengan adanya sejumlah pekerjaan fisik yang belum selesai tersebut, Tabroni meminta agar dinas terkait turun ke lokasi dan mengingatkan agar pekerjaan segera diselesaikan. “Dinas jangan diam saja melihat proyeknya belum selesai. Harus tegas,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil dikumpulkan menyebutkan, pekerjaan RTH di Mangli sudah hampir tuntas. Sementara itu, pekerjaan RTH di Sumbersari masih terlihat butuh waktu lebih banyak dari RTH Mangli. Selain RTH, sejumlah pekerjaan lain yang belum beres juga terlihat di pembangunan Pasar Rambipuji.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih